IKA UNS Salurkan Bantuan Kemanusiaan "Alumni UNS Peduli Banjir"

Nasional

Sabtu, 11 Januari 2020 | 16:25 WIB

200111162619-ika-u.jpg

Tok Suwarto

IKATAN Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Solo, menghimpun bantuan untuk korban banjir dari anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk disalurkan ke daerah bencana di Lebak, Banten, Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Penyaluran bantuan dalam program “Alumni UNS Peduli Banjir” bagi masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bekasi, pada 1 Januari 2020 tersebut, di antaranya berupa bahan makanan, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, ketika melepas rombongan pembawa bantuan, di kampus UNS Kentingan, Sabtu (11/1/2020), penyaluran bantuan kemanusiaan tersebut merupakan kepedulian keluarga besar alumni UNS terhadap penderitaan sesama. Dalam melaksanakan program kemanusiaan ini, IKA UNS bekerjasama dengan tim SAR UNS yang diterjunkan di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Ketua Umum IKA UNS, Budi Harto, mengungkapkan kepada wartawan, menjelang keberangkatan tim, penyaluran bantuan kemanusiaan merupakan  agenda rutin IKA UNS. Pada tahun 2016 dan 2018, IKA UNS menyalurkan bantuan di sejumlah daerah yang  berdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Bantuan yang sama juga disalurkan kepada korban musibah gempa bumi di Lombok dan Palu.

“Kami berharap bantuan kemanusiaan dari IKA UNS bisa membantu meringankan beban dan penderitaan masyarakat yang mendapat musibah bencana alam,” katanya.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, ketika melepas rombongan, menyatakan, program bantuan  kemanusiaan tersebut merupakan bentuk kepedulian alumni dan UNS terhadap penderitaan sesama.
Meski pun nilai bantuan relatif kecil, penyaluran bantuan yang disertai tim medis diharapkan dapat mengurangi penderitaan korban banjir.
 
"Dalam penyaluran bantuan kemanusiaan ini, kami juga mengirim tim terbaik. Semoga mereka dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," kata Prof. Jamal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, sekaligus sebagai Ketua Tim SAR UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, menambahkan, Tim SAR UNS yang diterjunkan ke daerah bencana banjir tersebut didampingi seorang dokter, seorang bidan, dan tiga orang perawat.
 
"Mereka sudah memiliki pengalaman rescue di luar negeri maupun di dalam negeri, seperti di Palu dan Lombok," kata Prof. Kuncoro.

Dalam melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan, tim akan melakukan pemetaan sekaligus membantu penanganan korban selama 10 hari.
Sedangkan Ketua "Alumni UNS Peduli Banjir," Heri Sosiawan, menyatakan, sasaran bantuan tersebut adalah masyarakat di Kabupaten Bekasi, meliputi Kecamatan Sukawangi dan Tambun Utara yang dipusatkan di Desa Sukamekar. Sedangkan bantuan di Kecamatan Tambun Utara dipusatkan di Desa Sriamur yang merupakan dua desa yang terparah.
 
Adapun bantuan untuk di Lebak, diberikan kepada masyarakat di sembilan desa di Kecamatan Sajira, ditambah satu desa di Kecamatan Cimarga.

“Kami juga memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Cimarga yang berdampingan dengan desa di Kecamatan Sajira,” tambah Heri.

Bantuan yang disalurkan berupa 1.800 paket kebutuhan pokok makanan bayi, obat-obatan, alat memasak, seperti kompor dan tabung, serta perlengkapan mandi dan cuci.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA