Kantor Polsek Serengan Kini Tak Lagi Seperti Ruko

Nasional

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:43 WIB

191213203907-kanto.jpg

Tok Suwarto

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, bersama Kepala Polresta Surakarta, AKBP Andy Rivai, melihat kondisi bangunan Kantor Polsek Serengan, hasil hibah Pemkot Solo, Jumat (13/12/2019).

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Solo mengibahkan bangunan baru kepada Polresta Surakarta untuk kantor Polsek Serengan. Bangunan tiga lantai yang terletak di Jln. Veteran tersebut, merupakan pengganti bangunan lama yang dianggap tidak layak sebagai kantor polisi dengan tugas pelayanan masyarakat.

"Pemkot Solo menghibahkan bangunan supaya kantor Polsek memang bisa dilihat sebagai kantor polisi. Karena kantor Polsek Serengan yang lama hampir sama dengan ruko," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ketika menyerahkan bangunan kantor tersebut kepada Kepala Polresta Surakarta, AKBP Andy Rivai, Jumat (13/12/2019).

Menurut Hadi, Pemkot menghibahkan bangunan Polsek Serengan, karena antara Pemkot Solo dan Polresta Surakarta mempunyai komitmen yang sama dalam mewujudkan iklim aman dan nyaman bagi warga Kota Solo. Keterlibatan Pemkot Solo dengan Polri, katanya, karena Pemkot tidak hanya berhubungan dengan pemerintahan tetapi juga dengan instansi vertikal dan instansi kiri maupun kanan.

"Awalnya, para petugas Polsek Serengan memang perlu kantor yang memadai untuk pelayanan masyarakat. Berdasarkan informasi Kapplresta, setiap kali mengajukan anggaran pembangunan ditolak. Melalui proposal Kapolresta Surakarta, akhirnya Pemkot Solo menghibahkan bangunan kantor karena kalau kantornya baik pelayanan ke masyarakat juga makin baik," jelasnya.

Kepala Dinas PUPR Pemkot Solo, Endah Sitaresmi Suryandari menjelaskan, pembangunan kantor Polsek Serengan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 mulai tanggal 31 Mei sampai 28 November 2019. Bangunan kantor Polsek Serengan didirikan di atas tanah seluas 344 meter persegi dengan total luas bangunan 580 meter persegi.

Konstruksi bangunan kantor Polsek Serengan terdiri dari tiga lantai, yakni lantai satu untuk area parkir, ruang pelayanan publik, lantai dua untuk ruang kantor dan ruang tahanan sementara serta lantai tiga merupakan ruang rapat dan musola.

"Kami harapkan setelah hibah kantor Polsek Serengan diserahkan ke Polresta Surakarta, akan semakin meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," tuturnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA