Anies Baswedan: Separuh Penduduk Jakarta Bukan Pemilik Rumah

Nasional

Selasa, 10 Desember 2019 | 19:28 WIB

191210192706-anies.jpg

beritagar.id

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan separuh penduduk di Jakarta bukanlah pemilik rumah. Menurutnya, hal itu terjadi bukan karena pilihan, tetapi keterpaksaan.

"Tidak memiliki rumah bukanlah pilihan, karena keterpaksaan, betul ya," tanya Anies yang dijawab betul oleh ratusan warga pada peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional di Lapangan Krapu, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019).

Mantan Mendikbud ini menjelaskan, salah satu tantangan terbesar di Jakarta adalah masalah pemukiman. Peringatan HAM kaitannya dengan kesetaraan kesempatan untuk pemukiman yang merupakan salah satu dari hak dasar.

"Hak paling asasi manusia yakni tempat tinggal layak. Insya Allah ini akan kita tuntaskan sama-sama," tegas Anies.

Anies berharap masyarakat dapat bekerjasama dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk menuntaskan masalah pemukiman.

"Jangan pemerintah merasa paling tahu, apa permasalahan dan solusi di lapangan. Tetapi sering kali masyarakat paling tahu apa yang paling tepat untuk lingkungannya," paparnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan, pemerintah hanya memiliki dua modal yakni wewenang dan anggaran. Sementara masyarakat punya pengetahuan tentang masalahnya, karena hidup di kawasan yang bermasalah.

"Masyarakat punya ide kreatif dan solusi aplikatif yang sesuai dengan kondisi di lapangan, sementara pemerintah jarang memiliki ide kreatif," tambahnya.

Peringatan hari HAM Internasional di Jakarta diinisiasi oleh Urban Poor Consortium (UPC), jejaring rakyat miskin Indonesia (Jerami) dan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) Jakarta.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA