Mendag: Harga Kebutuhan Natal dan Tahun Baru Jangan Rugikan Pedagang dan Konsumen

Nasional

Jumat, 6 Desember 2019 | 14:48 WIB

191206143954-menda.jpg

Tok Suwarto

Mendag Agus Suparmanto didampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, ketika meninjau harga komoditas bahan pokok kebutuhan hari raya natal dan tahun baru di pasar tradisional Rejosari, Kota Solo

MENTERI Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, memberikan jaminan komoditas bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat dalam masa hari raya natal dan tahun baru 2020 dalam keadaan aman dan cadangan pangan juga cukup. Namun dia mengingatkan, dalam upaya menjaga pengendalian harga bahan pokok tersebut baik pedagang maupun konsumen jangan sampai ada yang dirugikan. 
"Saya lihat di pasar bahan-bahan pokok untuk kebutuhan natal dan tahun baru cukup dan dalam kondisi aman. Harga-harga sampai saat ini juga relatif stabil. Saya harapkan tingkat harga kebutuhan pokok yang terkendali tidak ada yang dirugikan, misalnya masalah timbangan dan sebagainya," ujar Mendag Agus Suparmanto, seusai kunjungan ke pasar tradisional Rejosari Solo, Jumat (6/12/2019). 
Di Pasar Rejosari di kawasan Jebres yang bangunannya belum lama direnovasi, Mendag bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, meninjau kepastian stok bahan pokok apakah cukupi untuk menghadapi masa liburan natal dan tahun baru. Sambil menyantap kuliner tradisional khas Solo di dalam pasar, Agus Suparmanto menyatakan, "Alhamdulillah stok cukup, aman. Stok sembako juga sangat mencukupi."
Dalam mengantisipasi lonjakan permintaan bahan kebutuhan pokok untuk perayaan keagamaan, seperti natal, menurut Mendag, pihaknya mengutamakan kecukupan pasokan di pasaran agar harga tetap terkendali. Menyinggung prioritas pasokan, dia menegaskan, yang utama adalah  beras dan komoditas bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari. 
”Yang pasti kita utamakan beras, lalu juga daging dan telur,” jelasnya. 
Saat Mendag Agus Suparmanto mendatangi para pedagang, hampir semua menyatakan sejauh ini belum ada kenaikan harga. Seorang pedagang cabai, misalnya, menyebutkan harga cabai rawit merah berada di kisaran Rp 32.000,-  per kilogram. Harga cabai rawit hijau berkisar Rp 29. 000,- per kilogram, cabai rawit merah Rp 30.000,- per kilogram dan cabai merah keriting Rp 29. 000,- per kilogram. 
Selain itu, harga kebutuhan pangan berupa beras kualitas medium berada di kisaran Rp 10. 000,- per kilogram, telur ayam ras Rp 25.000,- per kilogram, daging ayam ras Rp 34.000,- per kilogram, harga bawang putih Rp 32.000,- per kilogram dan bawang merah Rp 33.000,- per kilogram. 
Dalam kunjungan kerja ke wilayah Surakarta, Mendag Agus Suparmanto, selain meninjau harga kebutuhan bahan pokok menjelang natal dan tahun baru di Kota Solo, sehari sebelumnya menteri mengunjungi Sistem Resi Gudang (SRG) di Desa Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Di tempat itu Mendag menjelaskan, fungsi SRG saat ini difokuskan menangani produksi beras hasil panen para petani. 
 
Kapasitas SRG di Desa Kaliancar yang dibangun pada 2011, kini baru mencapai 2.000 ton. Sedangkan menurut menteri, SRG di Indonesia yang akan terus diperluas rata-rata mampu menyerap sekitar 3. 000 ton per tahun.
 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA