Natal dan Tahun Baru, 134,5 Km Tol Fungsional Digratiskan

Nasional

Senin, 2 Desember 2019 | 21:22 WIB

191202210410-natal.jpeg

pu.go.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono


PEMERINTAH bakal menggratiskan 134,5 kilometer jalan tol selama hari raya Natal hingga liburan Tahun Baru. Jalan tol tersebut merupakan yang masih dalam tahap konstruksi sehingga akan dioperasikan secara fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas jalan tol tersebut tersebar di beberapa lokasi. Misalnya untuk ruas tol Trans Sumatra, masih ada sepanjang ada 42,5 kilometer yang masih fungsional.

"Ya kalau fungsional enggak ada tarifnya, ya (totalnya segitu), (gratis) sampai libur Natal, sampai selesai libur Tahun Baru," terang Basuki di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (2/2/2019).

Dijelaskannya, untuk ruas tol tersebut, dimulai dari Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang fungsional sepanjang 33 kilometer. Kemudian ruas Tol Pekan Baru-Dumai fungsional sepanjang 9,5 kilometer.

Sedangkan di Kalimantan, ada ruas Tol Balikpapan-Samarinda dan yang akan difungsionalkan sepanjang 66 kilometer. Kemudian ada Tol Manado-Bitung difungsionalkan sepanjang 26 kilometer, ruas tersebut sudah bisa digunakan untuk seksi 1 dari Manado ke Danowudu.

Adapun untuk di wilayah yang terintegrasi dengan ruas Tol Trans Jawa sepanjang 1.002 kilometer, yakni Jakarta–Cikampek II Elevated sepanjang 36 kilometer dan Kunciran–Serpong sepanjang 11 kilometer.

"Termasuk Jakarta–Cikampek II Elevated 36 km yang akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019. Insya Allah gratis nanti sampai nataru (Natal-Tahun Baru)," tutur Basuki dilansir dari vivanews.com.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA