Muhadjir : Sertifikat Siap Kawin Akan Diterapkan Tahun 2020

Nasional

Jumat, 15 November 2019 | 10:52 WIB

191115105431-muhad.jpg


MENTERI Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendi mengatakan pihaknya tengah menggodok Sertifikasi Siap Kawin. Nantinya pasangan yang akan menikah wajib menjalani sertifikasi persiapan perkawinan berupa kelas atau bimbingan pranikah. Program ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2020 di seluruh Indonesia dan berlaku untuk semua pasangan.

"Setiap pasangan yang akan menikah itu harus mendapat semacam pembekalan sebelum melangsungkan kehidupan rumah tangga," ujar Muhadjir yang dikutip saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat (15/11/2019).

Dia menyebut sertifikat kawin ini nantinya akan dikelola oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Sebab dua lembaga ini berperan penting dalam kehidupan manusia berikutnya yang akan dihasilkan melalui hubungan pernikahan.

Selain dua kementerian tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga juga akan dilibatkan.

"Kita akan kumpulkan kementerian terkait untuk merumuskannya, agar pelaksanaan pembekalan bagi calon pengantin tepat sasaran dan mencakup banyak hal," kata Muhadjir.

Kementerian Kesehatan kata dia akan berperan memberikan pembekalan mengenai kesehatan reproduksi, dan kesehatan ibu dan anak. Hal itu untuk menekan potensi stunting.

Sementara Kementerian Koperasi dan UKM akan berperan memberikan pembekalan soal mengelola keuangan.

"Dari Kementerian Koperasi nanti ada semacam literasi finansial, bagaimana membangun ekonomi keluarga," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA