Eks Petinggi di Proyek Meikarta Segera Diadili

Meja Hijau

Rabu, 29 Januari 2020 | 15:46 WIB

200129154608-eks-p.jpg

dok

Bartholomeus Toto

BARTHOLOMEUS Toto yang menjadi tersangka dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta bakal segera diadili di Pengadilan Tipikor Bandung. Berdasarkan informasi, persidangan terhadap Toto akan digelar Rabu, 5 Februari 2020.

Penuntut Umum (PU) KPK telah melimpahkan berkas kasus dugaan suap Meikarta ke Pengadilan Tipikor PN Bandung, Selasa (28/1/2020), dengan nomor register perkara No 8/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Bdg.

"Ya, benar berkas atasnama Bartholomeus Toto sudah kami terima kemarin (Selasa, 28/1/2020) dari KPK," kata Panmud Tipikor Bandung, Yuniar R, di Pengadilan Tipikor Bandung, JLN. L.L.R.E Martadinata, Rabu (29/1/2020).

Ia menjelaskan, seperti biasa setelah berkas diterima langsung didaftarkan untuk diregister, kemudian dilakukan penunjukan panitera dan majelis yang akan menangani perkaranya.

"Ketua majelisnya sama dengan sidang Pak Iwa (terdakwa dalam perkara yang sama), yakni Daryanto. Jadwal sidangnya Rabu tanggal 5 Februari 2020," ujarnya.

Seperti diketahui, KPK menetapkan Bartholomeus Toto sebagai tersangka karena diduga memberi suap kepada mantan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. KPK menduga Toto merestui pemberian uang Rp 10,5 miliar kepada Neneng untuk memuluskan proyek perizinan Meikarta.

Selain Toto, KPK dalam perkara ini ikut menyeret mantan Sekda Jabar Iwa Karniwa, yang kini sudah menjalani persidangan. Iwa diadili karena diduga menerima Rp 900 juta untuk membantu percepatan persetujuan substansi Perda RDTR Kabupaten Bekasi.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA