Aneh, Setelah Puluhan Tahun, Lahan Bersertipikat Ini Digugat ke Pengadilan

Meja Hijau

Kamis, 21 November 2019 | 16:06 WIB

191121160805-aneh-.jpg

Lucky M. Lukman


SEBIDANG lahan yang sudah bersertipikat sejak puluhan tahun lalu tiba-tiba digugat ke pengadilan. Lokasi lahan tersebut terletak di Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Penggugat dalam perkara ini bernama Uma Maroyono. Lahan yang digugat itu berdasarkan informasi yang diperoleh, sudah ditempati oleh tergugat lebih dari 20 tahun.

Perkara gugatan itu disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (21/11/2019). Sidang tersebut dipimpin oleh Sontan Marauke Sinaga. Sedangkan dari pihak penggugat diwakili kuasa hukumnya, Fatturachman dan dari pihak tergugat dihadiri oleh penasihat hukumnya, Andi.

Persidangan mengagendakan pemeriksaan kelengkapan berkas oleh Majelis Hakim, baik dari penggugat maupun tergugat. Namun salah satu tergugat belum hadir sehingga sidang dinyatakan ditunda selama sepekan.

Usai sidang salah seorang kuasa hukum tergugat, Imung Hardiman kepada wartawan menyatakan akan menyiapkan langkah-langkah. Termasuk didalamnya mempersiapkan jawaban atas gugatan tersebut.

Kepada wartawan, Imung pun menegaskan, gugatan yang dilayangkan penggugat itu tidak mempunyai kekuatan hukum. Pasalnya, alasan penggugat itu hanya berdasar pada surat pengoperan.

Padahal, kata Imung, surat pengoperan itu tidak dikenal dalam Undang-Undang pertanahan (BPN). "Padahal terhadap lahan tersebut telah bersertipikat sejak puluhan tahun lalu dan telah dikuasai oleh klien kami," tegas Imung.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA