Comeback Dramatis, Persija Kalahkan Persela

Liga Indonesia

Jumat, 15 November 2019 | 18:09 WIB

191115181005-comeb.jpg

@Persija_Jkt

Marco Simic


PERSIJA Jakarta sukses memetik kemenangan 4-3 saat meladeni Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jumat (15/11/2019). Raihan positif itu diwarnai comeback yang dramatis.

Tujuh gol tercipta pada laga ini, empat untuk Persija dan tiga buat Persela. Empat gol Persija masing-masing dibukukan oleh Marko Simic (21 dan 33), Heri Susanto (50), dan Rohit Chand (70).

Sementara tiga gol Persela yang bersarang ke gawang Persija dilesatkan oleh Kei Hirose (1), Sugeng Efendi (34), dan Delfin Rumbino (42).

Persela Lamongan selaku tim tamu membuat publik tuan rumah terdiam dengan gol cepat. Gelandang asing Persela, Kei Hirose, menggetarkan jala gawang Persija pada menit kedua memanfaatkan kesalahan Fachruddin Aryanto di lini belakang.

Tertinggal satu gol, Persija berusaha membalas. Namun peluang tim ibu kota masih dapat dimentahkan oleh barisan pertahanan Persela. Justru Persela yang nyaris menggandakan keunggulan setelah Rafinha lolos dari jebakan offside pada menit ke-15.

Beruntung bagi Persija, sontekan pemain asal Brasil itu masih terbang di atas mistar. Skema umpan-umpan panjang Persela kembali mengancam gawang Persija. Akselerasi Malik Risaldi diakhiri dengan tendangan keras yang masih bisa ditangkap kiper Shahar Ginanjar.

Gol balasan bagi Persija akhirnya hadir pada menit ke-21 melalui Marko Simic. Kerja sama apik Simic dan Riko Simanjuntak membuat keadaan seimbang, 1-1. Ini merupakan gol ke-22 bagi penyerang asal Kroasia tersebut di Liga 1 2019.

Setelah gol Simic, Persija tampil lebih lepas dalam melancarkan serangan. Beberapa kali tim Macan Kemayoran mengancam lewat umpan-umpan silang yang dilepaskan Ismed Sofyan namun masih belum membuat skor imbang berubah.

Simic hampir membuat Persija unggul andai tandukannya pada menit ke-26 tidak melenceng tipis di samping gawang Persela. Penyerang bernomor punggung 9 itu akhirnya sukses membawa Persija memimpin pada menit ke-33.

Menerima umpan lambung Ismed, sundulan Simic tak mampu dihalau kiper Persela, Dian Agus Prasetyo. Tak sampai semenit, Persela kembali membuat keadaan seimbang melalui Sugeng Effendi. Diawali umpan silang dari Birrul Walidain, Sugeng menaklukkan Shahar Ginanjar dengan tendangan jarak dekat.

Laskar Joko Tingkir bisa saja unggul andai Shahar Ginanjar tak piawai menepis tendangan Rafinha dari luar kotak penalti. Delfin Rumbino membuat publik tuan rumah terhenyak pada menit ke-42.

Kesalahan antisipasi Xandao mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Rumbino untuk membuat Persela kembali unggul. Gol Delfin menjadi yang terakhir pada babak pertama. Persela menutup 45 menit pertama dengan mengungguli Persija.

Pada babak kedua Persija memasukkan Heri Susanto menggantikan Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman mengganti Fachruddin Aryanto. Pergantian pemain tersebut terbukti tepat, Heri Susanto membuat skor imbang 3-3 pada menit ke-50. Lolos dari jebakan offside, Hersus mengonversi umpan terobosan Rachmad Hidayat menjadi gol ketiga buat Persija.

Suporter tuan rumah kembali bersorak setelah Rohit Chand mencetak gol pada menit ke-70. Gelandang asal Nepal itu muncul dari belakang meneruskan bola rebound tepisan Dian Agus yang kurang sempurna. Memasuki 10 menit terakhir, Persija masih mendominasi penguasaan bola. Hingga pluit akhir dibunyikan, skor tetap tak berubah untuk keunggulan Macan Kemayoran.

Dengan kemenangan ini, Persija kini mengoleksi 34 poin hasil dari 27 kali bertanding. Persija tetap tak beranjak dari posisi ke-12. Sementara Persela Lamongan tetap harus berada di zona degradasi dengan raihan 25 poin dari 27 kali bertanding.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA