WIWIK AYU

Rumah Menjadi Unsur Penting Karyanya

Hiburan

Jumat, 22 Mei 2020 | 17:55 WIB

200522180513-rumah.jpg

Eddie Karsito

‘Rumah’ adalah tempat melahirkan; kehadiran identitas, konstruksi jatidiri, legitimasi hidup, yang menyimpan sejarah dan nubuat manusia. Rumah adalah ruang pencarian tanpa batas dari sebuah kesadaran.

“Rumah juga menjadi unsur terpenting membangun keharmonisan keluarga, baik dengan pasangan, maupun dengan anak-anak,” ujar Wiwik Ayu, saat dijumpai galamedianews.com, di studionya, di Cluster Grandioso, Sentul Alaya, Bogor, Rabu (20/05/2020).

Rumah, kata Wiwik, tak sekedar menjadi payung teduh. Melainkan manajemen kelola, sistem kemasyarakatan dalam unit terkecil yang menjadi titik sentral kehidupan.

“Bagi saya keluarga adalah segala-galanya. Itu sebabnya sebisa mungkin berbagai aktifitas dapat saya lakukan di rumah bersanding dengan keluarga, dekat dengan anak-anak. Sejak di rumah kita berusaha memberi contoh yang baik dan produktif buat anak-anak,” ujar penyanyi bernama lengkap Wiwik Rahayu ini.

Rumah, kata Wiwik, juga melahirkan sistem nilai, menyangkut makna hidup; makna pekerjaan; karya dan amal perbuatan. Rumah memberi makna tersendiri, mulai dari hubungan keluarga, dengan sesama dan alam sekitar. “Rumah menjadi pusat kebudayaan, karena dari rumah seluruh kegiatan dan segala proses kehidupan berjalan dari waktu ke waktu,” ujar penyuka warna hitam putih ini.

Dan melalui ‘rumah’ itu pula Wiwik melahirkan banyak gagasan. Salah satu gagasan yang menjadi karya kolektifnya adalah melahirkan musik dan lagu bertajuk, ’Lebaran di Rumah Saja’.

“Banyak hal yang membuat ruang gerak kita terbatas akibat pandemic Covid-19. Tapi sebagai seniman kita harus tetap berkarya, walau di rumah saja. Salah satunya kami menciptakan lagu Lebaran di Rumah Saja,” ujar penyanyi kelahiran Palembang, 29 November 1978 ini.

Lagu ’Lebaran di Rumah Saja,’ kata Wiwik, diharapkan dapat ikut membantu Pemerintah dalam rangka memberi pengertian kepada masyarakat, agar lebaran di rumah saja dan tidak mudik ke kampung halaman. “Kita dukung keputusan Pemerintah demi kebaikan bersama,” ujar pengagum penyanyi asal Kanada, Celine Dion ini.

Pemerintah, kata Wiwik, juga menghimbau agar masyarakat Indonesia tak mudik tahun ini. Bahkan dianjurkan untuk tidak saling bertemu di saat hari raya Idul Fitri. Mengingat saat ini pandemi corona kian merebak ke berbagai daerah di Indonesia.

Proses Kreatif Lagu
Lagu ’Lebaran di Rumah Saja’ merupakan ciptaan Mat Key. Aransemen musiknya juga digarap musisi yang cukup lama malang-melintang di jagad industri musik tanah air ini. Mat Key cukup lama bergabung di Soneta Group, yang dipimpin Rhoma Irama.

Bertindak sebagai Vocal Coach, adalah Bunda Naina Lucy, seorang pengarah vocal yang selama ini banyak menangani para penyanyi peserta ajang bakat di televisi.

Lagu ’Lebaran di Rumah Saja’ sudah bisa dinikmati melalui akun youtube https://youtu.be/YT8zbqq4mHw yang kreatif visualnya digarap secara apik oleh salah seorang praktisi pertelevisian, Serip Airmas & Redako Media.

Untuk memberi ruang kreasi bagi para pecinta musik Indonesia, Wiwik juga menyelenggarakan ‘Lomba Tiru Gaya Lagu Lebaran di Rumah Saja.’  Peminat silahkan follow akun ig @wiwik.ayu_official dan ikuti : ‘Lomba Tiru Gaya Lagu Lebaran di Rumah Saja.’  

Peserta diminta membuat video menggunakan kamera phone seluler. Kemudian akting meniru gaya dan nyanyi Wiwik Ayu. Videonya diupload di IG masing masing, tag ke @wiwik.ayu_official dan beri hastag #lebarandirumahsaja juga hastag #wiwikayuofficial.

Karya video peserta paling lambat diterima panitia, Sabtu, 30 Mei 2020. Karya pemenang akan diumumkan, Sabtu, 6 Juni 2020 di #redakodotmedia.

Membangun Sekolah Seni
Wiwik berharap prahara pandemic Covid-19 segera berlalu. Kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat kembali berjalan normal seperti biasa. Para seniman juga dapat kembali berkreasi.

Wiwik akan terus mengembangkan minat dan bakatnya di kesenian, khususnya musik dan lagu yang menjadi passion keseniannya. Ia juga sedang mengupayakan membangun sekolah seni, sebagai sarana pendidikan karakter dan peningkatan kompetensi seni.

“Lembaga ini bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan cita rasa dan bangga terhadap seni budaya bangsa. Berfungsi untuk mengembangkan kepekaan estetis melalui kegiatan bereksplorasi serta pengalaman berkarya kreatif,” ujar penyanyi berlatar belakang pendidikan di bidang kesehatan ini.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA