Homemade Idol Menampilkan Sosok Idol Dengan Bakat Unik

Hiburan

Kamis, 21 Mei 2020 | 15:01 WIB

200521151222-homem.jpg

ist

Pandemi COVID-19 masih menjadi permasalahan global termasuk di Indonesia. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak. Menggunakan masker dan menjaga kebersihan tangan dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun.

Sejak sebelum bulan Ramadan, masyarakat sudah dihimbau untuk kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah. Selama masa pandemi COVID-19, banyak perubahan yang dialami dan berdampak pada masyarakat, seperti merasakan jenuh.

Banyak orang menggunakan waktu luangnya di rumah dengan berbagai aktivitas seperti menjelajahi bakat yang dimiliki. Tak heran banyak konten-konten kreatif dari masyarakat selama masa pandemi COVID-19 yang akhirnya menjadi viral melalui kanal digital sebagai tempat penyebarannya.

Maka Blssed, berkolaborasi dengan Trax 101.4 FM Jakarta, MRA Media, menyelenggarakan The 1st Talent Show Made From Home: Homemade Idol. Sebuah ajang kompetisi digital dengan mengangkat tagline, ’Bakat Rumahan Jadi Idola Beneran.

“Bertujuan memberikan dampak positif untuk mencari sosok-sosok idol dengan bakat-bakat unik yang menginspirasi dan juga menghibur orang lain saat #DirumahAja,” terang Marketing Manager VIT, Ayu Ahza dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi galamedianews.com, di Jakarta, Rabu (20/05/2020).

Episode 1 Homemade Idol telah berlangsung awal Mei 2020 lalu. <enampilkan 6 peserta pilihan Danang dan Darto sebagai Head Hunters. Menghadirkan Soleh Solihun dan Anya Geraldine sebagai juri. Menetapkan Ibrahim Ambo dari team Darto sebagai pemenangnya dan berhak mengikuti Grand Final mendatang.

Episode 2 Homemade Idol menampilkan 6 peserta pilihan Aurelie dan Ge Pamungkas sebagai Head Hunters. Dewan juri pada episode 2 adalah Soleh Solihun dan Ayushita, menetapkan Rudy Visual sebagai pemenangnya dan berhak maju ke Grand Final mendatang.

Episode 3 Homemade Idol berlangsung pada 17 Mei 2020. Menampilkan 6 peserta pilihan Gita Bhebhita dan Uus sebagai Head Hunters. Pemenang episode ini adalah Fadillah Ahmad yang dipilih oleh Soleh Solihun dan Luna Maya sebagai dewan juri.

“Banyak peserta dengan bakat-bakat unik Kami memilih pemenang yang tidak hanya berbakat dan unik saja, tapi juga mempunyai konsep dan tampil menarik saat live performance. Sehingga membuat yang melihat penampilannya tersenyum dan terhibur,” ujar Soleh Solihun.

Homemade Idol menjadi ajang kompetisi digital yang bertujuan memberikan dampak positif. Mencari sosok-sosok idol dengan bakat-bakat unik yang menginspirasi orang lain, dengan hadiah hingga 50 juta rupiah. Animo masyarakat cukup besar untuk mengikuti Homemade Idol. Tak kurang dari 522 peserta yang ikut di episode 1 hingga episode 3.

“Di masa karantina ini penting sekali menghargai bakat-bakat luar biasa yang berasal dari rumah. Itu bakat yang tidak dimiliki semua orang dan bisa menghibur orang lain," ujar Luna Maya, yang juga terlibat di acara ini.

Homemade Idol, menjadi ajang pencarian bakat unik yang membuat momen #dirumahaja jadi makin seru. “Membuka kesempatan ke siapapun untuk jadi idola beneran,” kata Windo, Brand Manager Roma Sari Gandum, yang menjadi sponsor acara ini.

Brand Manager Blibli.com, Zsazsa Kartika, berpendapat, pihaknya selalu mengutamakan kepuasan pelanggan nomor satu. Tidak hanya urusan belanja saja. Kami melihat Homemade Idol adalah acara hiburan pembangkit semangat untuk masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Homemade Idol ini bisa jadi satu wadah hiburan untuk anak-anak muda dalam mengisi masa PSBB mereka dengan berkreasi menunjukan bakat-bakat mereka. “Bisa menjadi alternatif hiburan, melahirkan idola-idola baru. Menciptakan peluang di industri kreatif dan juga hiburan Indonesia," kata Head of Business Growth MRA Media, Iwet Ramadhan.

Semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi dan menjadi juara dengan cara mengunggah video berisi bakat yang dimiliki tanpa batasan di Instagram dengan mengikuti syarat yang diberikan. Peserta yang dipilih memenuhi kriteria dan syarat yang diberikan, yaitu peserta harus follow Instagram @Homemadeidolid.

Homemade Idol selain memberikan apresiasi pada bakat-bakat masyarakat, mencari bakat selama di rumah pada masa pandemi COVID-19, juga menghadirkan program penggalangan dana. Homemade Idol mengajak masyarakat ikut berdonasi untuk saudara-saudara kita yang terdampak COVID-19, melalui https://bit.ly/rantanghati.

Selanjutnya, calon peserta dapat rekam video dengan durasi maksimal 1 menit berisi bakat yang dimiliki atau kreativitas yang lahir dari ketidaksengajaan selama #dirumahaja, dan di unggah di akun Instagram pribadi.

Peserta juga wajib lengkapi caption pada unggahan, mention @homemadeidolid, serta tiga (3) orang teman, dan menggunakan tagar #HomeMadeIdol. Kriteria lainnya, video yang dilombakan tidak boleh mengandung unsur SARA, kekerasan, keasusilaan, atau pornografi.

Peserta yang telah unggah video yang menampilkan bakatnya akan dipilih oleh “Headhunters”, yang merupakan komedian, selebritas, hingga penyiar. Headhunters juga ikut mengajak pengikut akun Instagram mereka masing-masing untuk berpartisipasi dalam Homemade Idol untuk menunjukan bakat yang dimilikinya.

Headhunters terdiri dari Danang, Darto, Ge Pamungkas, Aurelie Moeremans, Gita Bhebita, Rizky Firdaus Wijaksana (UUS). Setiap headhunters akan memilih tiga (3) peserta Homemade Idol sebagai timnya dan membawa video yang telah diunggah untuk mengikuti kompetisi dan menunjukan bakatnya untuk bersaing dengan kontestan lainnya.

Peserta pilihan sesuai kriteria menunjukan bakatnya secara Live melalui YouTube channel Homemade Idol yang dipandu Tarra Budiman sebagai pembawa acara Homemade Idol. Penonton juga dapat berinteraksi di kolom live chat saat berlangsungnya Homemade Idol, dan memilih peserta dengan bakat favorit masing-masing.

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA