Status jadi Penyidikan, Petinggi Sunda Empire Diperiksa Polisi

Halo Polisi

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:22 WIB

200128132259-statu.jpg

dok

TIGA orang saksi termasuk tokoh utama Sunda Empire, Nasri Banks diperiksa di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Selasa (28/1/2020). Meski kedatangan mereka tidak terpantau, pihak kepolisian memastikan pemeriksaan sedang berlangsung.‎

"Jadi sekarang Ditreskrimum Polda Jabar sedang melakukan pemeriksaan," tutur Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Saptono Erlangga Waskitoroso, saat ditemui di Mapolda Jabar, Jln. Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Menurut Erlangga, tiga orang yang diperiksa ini berinisial NB, A dan RN. Seperti diketahui NB adalah inisial dari Nasri Banks yang selama ini jadi penggagas dan ketua dari organisasi aneh yang kontroversial tersebut.‎ "Hingga siang ini pemeriksaan masih terus dilakukan," katanya seperti ditulis wartawan "PR", Mochamad Iqbal Maulud.

Disinggung apakah para saksi yang dihadirkan tersebut bisa dinaikan ke status tersangka, Erlangga enggan menyebutkannya. Menurut Erlangga penentuan status tersangka tersebut masih harus menunggu pen‎yidikan dari Ditreskrimum Polda Jabar.

Sementara itu Erlangga juga belum bisa menyimpulkan pasal apa saja yang dikenakan kepada para petinggi Sunda Empire tersebut. Hanya saja Erlangga berjanji akan mengumumukan pasal apa saja yang dikenakan jika yang bersangkutan benar-benar dijadikan tersangka.

"Nanti penyidik setelah selesai menetapkan tersangka, disampaikan juga pasalnya," katanya.

Secara umum Erlangga menyatakan pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jabar berkaitan dengan status perkara tersebut. Seperti diketahui kasus Sunda Empire ini sudah dinaikan statusnya ke tingkat penyidikan.

"Jadi kemarin kan sudah ditingkatkan ke penyidikan hanya saja penyidikan hari ini adalah dilakukan pemeriksaan tambahan. Kita tunggu saja hasilnya nanti, jadi diharapkan bersabar," katanya.

Direskrimum Polda Jabar, Kombes Pol. Hendra Suhartiyono saat dikonfirmasi menyatakan pemeriksaan masih terus dilakukan. "Hingga kini masih kami periksa," ucapnya.

Sehari sebelumnya, diketahui berdasarkan laporan polisi model A, kasus tersebut sudah memasuki tahap selanjutnya setelah polisi menaikan ke penyidikan. ‎Hanya saja pihak kepolisian belum menetapkan tersangka terhadap kasus tersebut, hanya saja Ditreskrimum Polda Jabar akan memanggil para petinggi Sunda Empire.

"Insya Allah secepatnya kita akan berikan hasilnya‎ kita akan memanggil para petingginya tersebut," kata Hendra, Senin (27/1/2020).

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA