Polda Jabar Belum Terima Laporan Soal Pemerasan Kepada Kepala Desa

Halo Polisi

Kamis, 7 November 2019 | 18:25 WIB

191107182946-polda.jpeg

whatsapp


KEPOLISIAN Daerah Jawa Barat belum menerima laporan terkait adanya dugaan pemerasan kepada kepala desa. Meskipun demikian Polda Jabar jamin dana desa yang tersedia di desa-desa dilindungi, bahkan MoU pun telah dilakukan sejak 2017.

"Saya minta terkait laporan ini diklarifikasi terlebih dahulu, di mana saja terjadi pemerasan ini. Selain itu seharusnya jangan digeneralisir itu terjadi di Jabar, misalkan terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, maka bisa diklarifikasi ke polres setempat. Tetapi untuk di Polda Jabar belum ada laporan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, disela-sela nonton bareng Polda Jabar film 'Hanya Manusia' wartawan pikiran rakyat, Mochamad Iqbal Maulud, di Ciwalk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Kamis (7/11/2019).

Menurut Truno ‎selama ini dana desa dipantau dengan baik oleh Polda Jabar. Baik itu pengamanannya maupun pembagiannya, kepada masyarakat. "Sehingga apabila terjadi semisal pemerasan tentunya akan ditindak dengan segera," ujarnya.

Selain itu kata dia, Seperti diketahui tahun 2017 lalu Polda Jabar sudah melakukan MoU terkait pengawasan dana desa tersebut. Meskipun demikian kerjasama tersebut bukan menekankan pada penegakkan hukum yang ada, tetapi lebih pada pengawasan.

Hanya saja jika ada kesengajaan dalam penyelewengan dana desa bahkan hingga berkali-kali, maka kepolisian dipastikan akan melakukan penegakkan hukum. "Bhabinkamtibmas juga diturunkan dalam pengawasan tersebut," katanya.

Bhabinkamtibmas pun oleh Polda Jabar, akan pula mengawasi para aparat desa terutama saat dana desa sudah diturunkan. "Bhabinkamtibmas kami minta untuk menegur apabila ada indikasi dana desa ini diselewengkan," ucapnya.

Oleh karena itu Truno pun berharap dana desa bisa tersalurkan dengan baik melalui pengawasan ini. Jangan sampai nantinya dana desa tidak tertuju kepada yang diluar kebutuhan.

"Sekali lagi jika ada pemerasan yang dilakukan oleh oknum-oknum, maka seharusnya segera dilaporkan ke kepolisian. Sudah ada Bhabinkamtibmas di desa-desa, kawan-kawan Bhabinkamtibmas ini bisa diberdayakan dengan baik," ucapnya. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA