Reaksi Keras Venezuela Atas Tuduhan Trump: Elit Washington Sedang Putus Asa

Dunia

Jumat, 27 Maret 2020 | 10:18 WIB

200327101851-reaks.jpg

MENTERI Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengatakan bahwa tuduhan perdagangan narkoba oleh Amerika Serikat terhadap Presiden Nicolas Maduro menunjukkan "keputusasaan" dari "kalangan elit Washington."

Arreaza menyebutkan keputusan pemerintahan Trump untuk menawarkan imbalan atas informasi penangkapan Maduro dan pejabat tinggi lainnya yang dituduh melakukan penyelundupan narkoba menunjukkan "obsesi" pemerintah terhadap Venezuela.

Menurut Arreaza, hal itu dilatarbelakangi oleh keinginan Trump untuk menguntungkan kampanye "terpilihnya kembali" di negara bagian Florida.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendakwa Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan belasan pejabat tinggi lainnya atas tuduhan "terorisme narkoba", eskalasi terbaru tekanan pemerintahan Trump yang bertujuan menggulingkan pemimpin sosialis tersebut.

Departemen Luar Negeri menawarkan imbalan hingga 15 juta dolar AS (sekitar Rp239 miliar) untuk informasi penangkapan dan hukuman Maduro yang negaranya diguncang oleh krisis ekonomi parah dan gejolak politik selama bertahun-tahun.

Dakwaan tersebut, yang menjadi tindakan langka AS terhadap kepala negara asing, menandai tahap baru yang serius terhadap Maduro oleh Washington, di saat sejumlah pejabat AS secara pribadi menyebutkan Presiden Donald Trump semakin frustrasi dengan hasil kebijakannya soal Venezuela.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA