Dirilis Resmi, Seragam Pasukan Militer Luar Angkasa Amerika Disambut Olok-olok

Dunia

Selasa, 21 Januari 2020 | 12:57 WIB

200121125714-resmi.jpg

dailymail

Menuai kontroversi sejak awal, Space Force atau Angkatan Luar Angkasa yang digagas Presiden Donald Trump akhirnya menjadi bagian pertahanan militer Amerika Serikat. Dan belum lama merilis seragam resmi, netizen kembali menyambutnya dengan komentar miring.

Diposting akun resmi Twitter Space Force satu bulan setelah  Trump menandatangani cabang keenam militer luar angkasa pada 20 Desember 2019, warganet menyebut seragam dengan motif kamuflase itu tidak pas dengan nama satuan yang disandang.

Here comes the Space Force.

Disambut kritik hingga meme.

"Nametape seragam #SpaceForce pertama telah mendarat di Pentagon," demikian cuitan @SpaceForceDoD, akhir pekan lalu. Dari cuitan terlihat seragam pasukan luar angkasa ini tak ada bedanya dengan seragam militer angkatan darat alias loreng dengan paduan warna kamuflase: hijau-hitam-cokelat.

Dikutip dari DailyMail, motif seragam menjadi pangkal “keriuhan.” Tak sedikit yang membayangkan pasukan militer luar angkasa ini harusnya memiliki seragam bermotif gelap atau setidaknya tak bernuansa kamuflase. Alasannya? Luar angkasa bukannya gelap?

Jenderal John Raymond, komandan pertama Angkatan Luar Angkasa AS.

The reactions.

Dari yang serius hingga lucu-lucuan..

Sementara itu analisis Military.com menyebut dari bintang empat serta lencana Command Space Operations dengan nametape  pada seragam yang diposting tampaknya contoh seragam ini milik Jenderal John Raymond, komandan baru  dan pertama  dari Angkatan Luar Angkasa AS. Seragam dalam foto juga memamerkan patch Komando Luar Angkasa dan bendera Amerika.

Mengenai kritik terkait motif seragam termasuk meme yang meramaikan timeline, rupanya langsung ditanggapi pihak komando luar angkasa. Mereka menyebut meski berlabel luar angkasa, personel tetap beroperasi di Bumi dan bekerja sama dengan angkatan udara dan angkatan darat.

The comments.

Di luar itu, Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional tahun 2020 AS  pada dasarnya merevisi Komando Antariksa Angkatan Udara AS yang dibentuk pada 1982 dengan membuat cabang Angkatan Udara yang baru. Saat ini 16.000 penerbang aktif dan warga sipil yang bertugas di Komando Antariksa Angkatan Udara menjadi bagian dari Angkatan Antariksa.

Menyusul perkembangan terakhir Space Force, Angkatan Udara diharapkan  mengubah nama sejumlah pangkalan yang sudah lebih dulu menampung unit Komando Ruang Angkasa Angkatan Udara menjadi Pangkalan Antariksa. Namun  keterangan resmi ini tak menghentikan olok-olok netizen terkait motif seragam luar angkasa.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA