Buntut Kontroversi Sussex Royal, Biaya Keamanan Meghan Markle Ditanggung Kanada Warga Ancam Demo

Dunia

Selasa, 14 Januari 2020 | 15:00 WIB

200114144030-buntu.jpg

dailymail

Menyusul keputusan Ratu Elizabeth yang mengizinkan Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris kemarin, dipastikan The Sussexes akan lebih banyak tinggal di Kanada. Tanpa melepas gelar His/Her Royal Highness, ini artinya keduanya akan tetap mendapat penjagaan resmi.

Menanggapi potensi biaya $ 1,7 juta atau Rp 23,2 miliar yang akan dikeluarkan Kanada sebagai konsekuensi negara persemakmuran, warga meluapkan kemarahan melalui sejumlah platform media sosial termasuk Twitter.

Memilih hidup baru di Kanada.

Dikutip dari DailyMail, Selasa (14/1/2020) melakukan pertemuan dari hati ke hati dengan Pangeran Harry disusul dengan diskusi bersama Pengeran Charles dan Pangeran William, Ratu merilis pernyataan dirinya mengizinkan Harry dan Meghan membagi waktu antara Kanada dan Inggris sementara kesepakatan di masa transisi masih akan dibahas.

Kekhawatiran akan konsekuensi finansial pun muncul. Terutama kemungkinan beban  wajib pajak Kanada untuk ikut membantu menutupi biaya keamanan The Sussexes. Meski tak sedikit yang mendukung tetapi mereka yang menolak tak ragu menumpahkan emosi hingga berniat menggelar demo.

The comments.

“Jika Kanada harus membayar bahkan satu sen saja untuk proteksi  Harry dan Meghan aku akan membuat kerusuhan!”, “Jadi Pangeran Harry, Meghan dan bayi   mereka MEMILIH meninggalkan Inggris dan MEMILIH tinggal di Kanada meski tidak permanen dan pembayar pajak Kanada TIDAK BISA MEMILIH memutuskan biaya keamanan untuk mereka. Tuhan memberkati Inggris..”

Demikian komentar yang bermunculan dan ada pula yang menyerang Perdana Menteri Justin Trudeau. “Harry dan Meghan menyatakan tidak ingin bergantung pada dana publik. Jadi sekali lagi mengapa @JustinTrudeau berpikir dia  bisa menggunakan UANG PAJAK warga Kanada  untuk mereka? Ini TIDAK DAPAT DITERIMA”.

The Sussexes.

Sementara itu, Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau menyatakan pemerintah belum berbicara mengenai potensi biaya. "Tidak, kami belum memikirkan masalah ini," ujarnya  kepada wartawan di Toronto kemarin. “Kami jelas ikut  mencari penyelesaian sebagai anggota persemakmuran. Tapi kami belum melakukan diskusi mengenai hal ini.”

Kanada menjadi pilihan karena Meghan sebelumnya tinggal di Toronto selama enam tahun. Ia hijrah dari  California setelah meneken kontrak untuk perannya dalam serial  Suits.

Di Kanada pula The Sussexes merayakan Natal. Sedangkan jajak pendapat baru-baru  ini menunjukkan 60 persen warga mendukung jika Duke of Sussex menjabat Gubernur Jenderal Kanada.

Meghan dan Harry sama-sama sudah bertemu Trudeau.

Posisi ini memberi Harry besar peran seremonial sebagai perwakilan Ratu di Kanada yang akan menyediakan tempat tinggal, kantor pemerintahan di Ottowa dan detail keamanan. Jika benar, Harry akan menggantikan pejabat saat ini Julie Payette. Meski demikian Harry tak pernah menyinggung rencana menempati posisi seremonial dimaksud.



Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA