Lahir Tahun 1985

Mantan Pelayan Toko Roti, Finlandia Resmi Dipimpin Perdana Menteri Termuda di Dunia Sanna Marin

Dunia

Rabu, 11 Desember 2019 | 14:45 WIB

191211144204-usia-.jpg

dailymail

Parlemen Finlandia resmi memilih Sanna Marin sebagai perdana menteri baru sekaligus menjadikannya kepala pemerintahan termuda di dunia dengan usia 34 tahun. Marin  yang lahir pada 16 November mulai menjabat di Helsinki hari ini sebagai kepala koalisi lima-partai yang semuanya dipimpin  perempuan dan tiga di antaranya sama-sama berusia di awal '30-an.

Parlemen Finlandia, Eduskunta dengan 200 kursi sepakat memilih    Marin dengan suara 99-70. Pemerintah ibu satu anak itu memiliki mayoritas 117 kursi. Tak hanya sang PM, Menteri Keuangan baru Katri Kulmuni pun berusia lebih muda tepatnya  32 tahun. Dan teryata hanya satu dari mitra koalisi Marin yang usianya melebihi angka 35.

Here comes the PM.

Milenial dan berdedikasi.

Dikutip dari DailyMail, Rabu Marin sebelumnya menjabat sebagai Menteri Transportasi dan Komunikasi sejak Juni tahun ini. Sebelumnya Oleksiy Honcharuk, perdana menteri  Ukraina saat ini tercatat sebagai PM termuda. Ia dipilih Presiden Volodymyr Zelensky  bulan Agustus lalu. Namun meskipun menjadi berita  global, Marin lebih suka membahas kebijakan.

Kepada wartawan di luar gedung parlemen ia mengatakan, "Aku fokus pada  hal-hal praktis dan tidak pernah memikirkan umur atau jenis kelamin. Aku lebih suka memikirkan motivasiku terjun ke dunia politik dan membalas kepercayaan konstituen."

Kabinet Marin didominasi perempuan.

Di luar itu Marin yang tumbuh di bawah asuhan pasangan sesama jenis bertekad memperjuangkan kesetaraan, keadilan, dan hak asasi manusia bagi semua gender. Dalam wawancara tahun 2015, Marin mengaku di masa kecil dirinya merasa “terkucil” karena keluarganya yang tidak konvensional.

Dia juga mengakui pengalaman masa kecilnya sangat memengaruhi prioritas politiknya. Marin bekerja di toko roti ketika masih remaja dan mendapat uang dari berjualan majalah ketika masih bersekolah di SMA Pirkkala. Namun dengan dedikasi tinggi ia  berhasil menjadi orang  pertama dalam keluarganya melanjutkan pendidikan hingga universitas.

Instagrammer.

PM baru ini sudah dikaruniai anak perempuan yang kini berusia 22 bulan, Emma Amalia Marin. Ia menikah dengan Markus Räikköne dan aktif berbagi foto kesehariannya di akun Instagram. Soal kritik terkait aktivitasnya  di dunia maya, Marin punya alasan. "Aku datang dari generasi yang muda dan ketika memosting di Instagram, aku tidak dalam posisi penjabat tapi Marin sebagai  individu,” katanya.

Marin mengawali karier politik saat terpilih untuk dewan kota dan menjadi anggota parlemen mewakili distrik Pirkanmaa di usia 27 tahun pada 2015. Berikutnya awal tahun 2019 dia menjadi menteri transportasi dan komunikasi di bawah Antti Rinne yang mengundurkan diri awal bulan ini setelahnya kehilangan dukungan dari mitra koalisi.

Bersama suami, Markus Räikköne.

Ibu satu putri.

“Aku datang dari keluarga miskin dan aku takkan mungkin mencapai posisiku saat ini tanpa sistem kesejahteraan dan sistem pendidikan yang kuat di Finlandia,” ujarnya kepada Helsingin Sanomat. Partai di mana Marin bernaung  Demokrat Sosial mulai berkuasa pada bulan Juni setelah mengalahkan Partai Finlandia yang berhaluan kanan dan anti-imigrasi dengan selisih margin terendah dalam pemilihan umum di bulan April.

Keberhasilan ini dinilai  para komentator sebagai kemenangan bagi masyarakat liberal Finlandia. Memberikan tanggapan usai pemungutan suara parlemen Selasa kemarin, Marin berjanji untuk membangun kembali kepercayaan pada partainya.

From Marin for Finland.

“Kami telah berjanji pada rakyat   Finlandia untuk berubah dan sekarang kami harus memenuhi janji itu. Bulan Juni kami sepakat dengan  program pemerintah bersama dan aku yakin hanya dengan tindakan nyata kami bisa mengembalikan kepercayaan warga,” katanya. Last but not least, dari 12 menteri yang ditunjuk Marin  hanya ada tujuh orang pria.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA