Picu Provokasi, Viral Olok-olok Video Presiden AS Mantan Ketua Uni Eropa Posting Foto Tembak Trump

Dunia

Jumat, 6 Desember 2019 | 16:00 WIB

191206155616-donal.jpg

dailymail

Belum reda viralnya video sejumlah pemimpin negara yang “bergosip” tentang Presiden AS Donald Trump di sela-sela NATO Summit di London belum lama ini, kini muncul postingan yang juga memicu banyak komentar. Foto dimaksud diposting mantan ketua Dewan Uni Eropa, Donald Tusk. Dalam foto tersebut Tusk terlihat melakukan gestur  yang membuatnya seolah tengah mengarahkan senjata ke arah Trump.

Dikutip dari DailyMail, Jumat (6/12/2019) cuitan Tusk kembali membuat netizen mengungkit momen perselisihan diplomatik pada pertemuan puncak NATO minggu ini. Tepatnya kala PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Inggris kedapatan mengejek Trump. Ini diketahui setelah sebuah klip pendek ketiganya ramai di media massa.

Bang..!?

The caption.

Tak terima dengan aksi koleganya, Trump pun meninggalkan even lebih cepat dengan menolak konferensi pers resmi terakhir. Dan tampaknya Tusk ikut dalam “keriuhan” dengan foto provokatif dirinya yang selama ini diketahui kerap berseberangan dengan Trump. Foto diambil saat keduanya menghadiri pertemuan G7 tahun lalu di Kanada.

Memosting foto jauh setelah even dan tak jauh dari viralnya video bully Trump di ajang NATO, Tusk dinilai sengaja memanfaatkan momentum untuk menyasar Trump. Mantan PM Polandia itu berbagi foto di akun pribadi dengan caption: “Meskipun diwarnai turbulensi, persahabatan transatlantik harus bertahan #Trump #NATO.”

Donald Tusk vs Donald Trump.

Kika: Donald Tusk, Theresa May, Angela Merkel, Donald Trump, Justin Trudeau, Emmanuel Macron, Shinzo Abe, Giuseppe Conte, Jean-Claude Juncker.

Selain itu, Trump sendiri tak tahu dengan aksi yang dilakukan Tusk di Kanada tadi. Hanya kanselir Jerman Angela Markel yang melihatnya. Hanya saja tak jelas bagaimana reaksi Markel saat melihatnya. Sementara itu klip yang viral dari ajang NATO diawali komentar Trudeau yang menyebut Trump melakukan sesi konpers yang molor hingga 40 menit. Sesuatu yang menurutnya membuat tim presiden ke-45 AS itu “dibuat tak percaya” jika bukan malu.

Komentar ditanggapi Macron yang kemudian ditutup Johnson dengan pertanyaan, “Jadi karena itu kalian terlambat datang?” Sesi tanya jawab Trump memang dilakukan bersama Macron. Dikonfirmasi mengenai video ini Trump dalam kesempatan bersama Markel menyebut Trudeau bermuka dua. Dan tak ingin memperkeruh suasana, baik Trudeau, Macron maupun Johnson sama-sama mengelak.

The insult.

No excuse.

Macron bahkan marah saat mengetahui video yang diambil kameramen freelance Andy Laurence itu. Ia menganggap rekaman yang kemudian tayang di Canadian Broadcasting Corporation itu merupakan curian. Macron menyebut kamera tak diizinkan masuk di ruangan di mana dirinya berada saat itu. Demikian juga Boris Johnson yang menyebutnya omong kosong. Sedangkan Trudeau berdalih dirinya tengah membicarakan even G7 mendatang.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA