Inflasi dan Kekeringan Hebat, Zimbabwe Diterpa Krisis Makanan

Dunia

Selasa, 3 Desember 2019 | 19:13 WIB

191203191229-infla.jpg

merdeka.com

Ilustrasi kelaparan di Zimbabwe.


ZIMBABWE awalnya merupakan negara kaya raya. Namun akibat salah urus, negara di Afrika tersebut saat ini mengalami krisis yang hebat.

Belakangan, akibat tingginya inflasi dan kekeringan akibat perubahan iklim, jutaan warga Zimbabwe pun mengalami krisis makanan. Badan pangan PBB pada Selasa (3/12/2010) mengatakan telah menyediakan sebanyak 240.000 ton bantuan makanan untuk disalurkan kepada 4,1 juta orang di Zimbabwe.

"Kami begitu prihatin saat situasi tersebut semakin memburuk," kata Eddie Rowe, direktur WFP, yang berbicara dari Harare kepada konferensi pers di Jenewa.

"Kami yakin jika kami tidak menjangkau dan membantu orang-orang ini maka situasi tersebut akan meledak menjadi krisis yang dahsyat," tambahnya.

Zimbabwe, yang pernah menjadi lumbung Afrika, sedang mengalami krisis ekonomi terparahnya selama satu dekade, ditandai dengan melambungnya inflasi dan krisis pangan, bahan bakar, obat-obatan serta listrik. Bantuan tersebut akan mencukupi kebutuhan selama Januari hingga Juni, menurut Rowe.

Sumber: Reuters

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA