Sempat Distop, Boeing 737 MAX Bakal Kembali Mengudara

Dunia

Selasa, 12 November 2019 | 18:06 WIB

191112180732-sempa.jpg

thenational.ae

Boeing 737 MAX


BOEING Co mengatakan, pihaknya memperkirakan badan Amerika Serikat pengatur penerbangan akan menyetujui pesawat jenis 737 MAX kembali melayani penerbangan komersial dalam beberapa pekan mendatang. Sebelumnya, Boing 7373 MAX sejak beberapa bulan lalu dilarang terbang.

Boeing mengatakan, perusahaan itu berharap Badan Penerbangan Federal AS (FAA-Federal Aviation Administration) akan mengeluarkan putusan yang menyetujui jet tersebut beroperasi kembali bulan depan. Namun, Boeing menambahkan, saat ini layanan penerbangan komersial diperkirakan bisa mulai aktif lagi pada Januari.

Pekan lalu, Boeing menyatakan harapan penerbangan 737 MAX mulai dilanjutkan lagi pada akhir Desember. Perusahaan tersebut pada Senin (11/11/2019) mengatakan kelanjutan pengiriman jet-jet Boeing 737 MAX kepada para maskapai penerbangan langganannya mungkin saja akan mulai dilanjutkan pada Desember.

Akan tetapi untuk mendapat persetujuan bagi perubahan pelatihan akan memerlukan waktu lebih lama. American Airlines dan South Airlines pada Jumat pekan lalu mengatakan mereka memundurkan jadwal penerbangan kembali 737 MAX hingga awal Maret.

Sejumlah maskapai utama mengatakan mereka akan butuh waktu sedikitnya satu bulan untuk menyelesaikan pelatihan serta memasang perangkat lunak, yang sudah direvisi, sebelum penerbangan bisa dimulai kembali.

FAA, sementara itu, menekankan bahwa badan federal tersebut belum menetapkan kerangka waktu soal kapan proses terkait penerbangan kembali jet 737 MAX akan diselesaikan.

Boeing 7373 MAX sempat dilarang mengudara karena ada beberapa pesawat yang jatuh dan menimbulkan banyak korban. Salah satunya di Indonesia, saat Lion Air terjatuh di perairan Karawang. Saat ini, pesawat yang digunakan berjenis 737 MAX.

Sumber: Reuters

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA