SMKN 1 Ciomas Bogor Didatangi Animator Studio Shoh Entertainment

Dinas Pendidikan Jabar

Rabu, 27 November 2019 | 20:18 WIB

191127201031-smkn-.jpg

disdik jabar


JURUSAN Animasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ciomas, Kabupaten Bogor kembali mengadakan Kelas Inspirasi. Jika sebelumnya mengundang animator muda, kali ini kelas inspirasi kedatangan animator dari Studio Shoh Entertainment (salah satu studio animasi terbesar di Indonesia), Bambi Bambang Gunawan.

Sebanyak 220 siswa pun mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar di Laboratorium Animasi SMKN 1 Ciomas, Jalan Raya Laladon, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor pada Rabu (27/11/2019). Mas Be, sapaan akrab Bambi mengatakan, alasannya mendatangi SMKN 1 Ciomas tak lepas dari potensi yang dimiliki siswa jurusan animasi di sekolah tersebut.

Ia meyakini, SMKN 1 Ciomas memiliki prospek cerah guna menghasilkan animator-animator yang siap diserap dunia industri. Ini terbukti salah seorang lulusan SMKN 1 Ciomas, Fakhri Muzaki Ramadhan telah direkrut oleh studio animasi asal Korea Selatan tersebut.

Penulis buku "Nganimasi Indonesia" itu juga mengungkapkan kompetensi yang harus dimiliki dan dicapai seorang animator profesional. Hal ini bertujuan agar siswa mampu mempersiapkan diri dan menyesuaikan kompetensi yang dimiliki dengan kebutuhan industri.

Menurutnya, salah satu hal yang harus dimiliki oleh siswa, yakni berkarakter kuat dan pantang menyerah. "Bukan hanya memiliki kompetensi, tapi sikap dan karakter juga harus bagus," tegas animator senior itu.

Kepala SMKN 1 Ciomasi, Miswan Wahyudi pun mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, kelas inspirasi mampu meningkatkan kompetensi siswa sehingga daya serap lulusan jurusan tersebut pun ikut meningkat. "Semoga, kegiatan seperti ini terus berlanjut. Tidak hanya dengan Shoh Entertainment saja, tapi juga dengan pihak industri lain," imbaunya.

Sementara itu, Ketua Program Animasi SMKN 1 Ciomas, Januar Ashari menjelaskan, salah satu tujuan acara ini guna membagikan pengalaman tentang industri animasi kepada siswa, mulai dari cara kerja hingga proses produksi. "Di sini disampaikan semuanya," katanya.

Studio Shoh Entertainment adalah studio animasi yang fokus dalam bidang usaha produksi film dan series animasi. Bidang usaha turunannya, antara lain licensing, content distribution, merchandise, dan usaha lainnya yang berhubungan dengan usaha inti.

Meski baru resmi beroperasi pada Mei 2019, studio yang dipimpin Seung-Hyun Oh tersebut telah memiliki 121 karyawan, menjadikannya sebagai tiga besar studio animasi dengan jumlah karyawan terbanyak.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA