SMKN 1 Ciamis Juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2019

Dinas Pendidikan Jabar

Jumat, 15 November 2019 | 19:49 WIB

191115194244-smkn-.jpg

disdik jabar


SEKOLAH Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ciamis kembali menunjukkan konsistensinya sebagai sekolah sehat. Hal tersebut terbukti dengan diraihnya juara I pada Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019 kategori Best Performance (Kinerja Terbaik) yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jln. Jenderal Gatot Subroto Kav. 18-20, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Atas prestasi tersebut, SMKN 1 Ciamis berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 35 juta. Kepala SMKN 1 Ciamis, Ika Karniati Sardi menjelaskan, kategori Kinerja Terbaik merupakan bobot yang paling tinggi karena mencakup dua kategori lainnya, yakni Best Character (Karakter Terbaik) dan Best Achievement (Pencapaian Terbaik).

"Yang dinilai itu kinerja semua pihak. Kalau ada instruksi, semua harus bekerja. Bukan hanya kepala sekolah, tapi seluruh tim yang ada di sekolah. Prosesnya dikerjakan dengan penuh komitmen dan serentak," tuturnya saat dihubungi, Jumat (15/11/2019).

Atas prestasi tersebut, SMKN 1 Ciamis pun berhasil memberi kontribusi bagi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ciamis karena meraih juara I kategori Pembina Sekolah dengan Kinerja Terbaik Jenjang SMA/MA/SMK. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan sebagai Kabupaten dan Provinsi Sehat.

"Ini sangat membanggakan karena kita bisa membuat pemerintah daerah dan provinsi menerima penghargaan tersebut," ujarnya.

Ika mengatakan, prestasi ini merupakan wujud konsistensi pihaknya dalam menciptakan sekolah sehat bagi siswa. "Perjuangan kita itu bukan untuk meraih juara, tapi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang asri, nyaman, bersih, dan ramah anak, tentu bisa meningkatkan prestasi siswa di sekolah," ucapnya dalam laman disdik.jabarprov.go.id.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraih siswa SMKN 1 Ciamis, baik di bidang akademis maupun non-akademis. Beberapa prestasi terbaru yang berhasil diraih, antara lain peringkat 2 Lomba Vlog se-Jabar, peringkat 2 Lomba Film Pendek Animasi Tingkat Nasional, dan prestasi yang diraih salah satu guru sebagai Putra Bahari Pariwisata Nasional.

Hal tersebut selaras dengan visi yang ingin diwujudkan SMKN 1 Ciamis, yakni menciptakan Lingkungan yang Sehat, Pribadi Hebat, dan Prestasi Melesat. Ika berharap, prestasi tersebut bisa dipertahankan agar konsisten menciptakan lingkungan yang sehat. "Semoga prestasi yang kita raih berimbas melahirkan sekolah-sekolah sehat lain di Kabupaten Ciamis," harapnya.

Meski telah diganjar banyak prestasi, Ika mengaku tidak akan berhenti berinovasi, khususnya dalam mengoptimalkan program sekolah sehat. Beberapa inovasi yang telah dan sedang disiapkan adalah memanfaatkan lidah buaya sebagai salah satu produk siswa melalui program Bersih, Cantik, dan Sehat dengan Lidah Buaya (Bercahaya), mengenalkan jenis pepohonan di lingkungan sekolah menggunakan Q&R code serta memproduksi air langsung minum di lingkungan sekolah.

"Kualitas air di sekolah sudah diteliti dan ternyata layak minum. Kita telah siapkan mesin air agar nanti siswa dapat meminum air yang ada di sekolah," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA