270 Siswa Ikuti Galaksi Tingkat Jabar

Dinas Pendidikan Jabar

Selasa, 12 November 2019 | 21:08 WIB

191112204633-270-s.jpg

disdik jabar


KEPALA Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika dan Bupati Kabupaten Sumedang, Doni Ahmad Munir membuka "Gelar Aksi Karakter Siswa Indonesia (Galaksi) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019" yang digelar di Asia Plaza Sumedang, Jln. Mayor Abdurahman No. 225, Kabupaten Sumedang, Selasa (12/11/2019).

Sebanyak 270 siswa unjuk kreativitas dalam kegiatan ini. Mereka merupakan perwakilan siswa sekolah menengah atas (SMA) di tiap kabupaten/kota yang ada di Jabar. Ke-270 siswa ini mengikuti empat mata lomba, yakni musabaqah tilawatil Quran (MTQ), stand up comedy, kaulinan barudak, dan karya tulis ilmiah kewirausahaan.

Kadisdik mengatakan, pelaksanaan Galaksi ini mampu meningkatkan pendidikan karakter siswa melalui seluruh mata lomba yang dilombakan. Hal tersebut penting bagi siswa guna menghadapi era revolusi industri saat ini. "Kita harus menyiapkan karakter siswa yang kuat agar mampu menghadapi perubahan zaman," ujarnya.

Beberapa karakter yang harus dimiliki siswa, lanjut Kadisdik, yakni jujur, disiplin, dan berani menghadapi perubahaan. Selaras dengan itu, penguasaan kompetensi pun harus terus ditingkatkan. "Kemampuan berkomunikasi yang baik, berpikir kreatif, dan mampu memecahkan masalah juga harus dikuatkan," imbaunya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumedang, Doni Ahmad Munir berharap, kegiatan Galaksi ke-8 ini mampu menjadi ajang silaturahmi bagi seluruh siswa di Jabar agar lebih merekatkan persaudaraan. Selain itu, ajang ini mampu menjadi wahana bagi siswa untuk mengaktualisasikan dirinya dengan potensi dan kreativitas yang mereka miliki.

"Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa menghasilkan kader-kader penerus bangsa yang memiliki keahlian serta menciptakan seniman-seniman yang kelak mengharumkan Jabar ke depan dengan melestarikan seni dan budaya daerah," harapnya.

Salah seorang peserta, Chaerul Galih mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut. Siswa SMAN 2 Purwakarta itu mengatakan, selain bermanfaat untuk melatih pendidikan karakter siswa, kegiatan ini pun mampu mengajak siswa agar mencintai budaya sendiri, khususnya pada mata lomba kaulinan Sunda. "Sekarang kan abad perkembangan zaman (milenial), kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi?" ujarnya seperti dikutip laman disdik.jabarprov.go.id.

Siswa kelas XI itu mengungkapkan, ia dan tiga temannya akan menampilkan kaulinan Sunda bernama "Ucing Bela". Meski hanya dipersiapkan dalam waktu singkat, Galih dan kawan-kawan bertekad tampil optimal.

Selain Kadisdik dan Bupati Sumedang, acara pembukaan ini juga dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi, seluruh kepala cabang Dinas Pendidikan dari berbagai wilayah serta kepala sekolah yang ada di lingkungan KCD VIII.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA