Maksimalkan SDM, SMKN 2 Bandung Gelar Simulasi UNBK

Dinas Pendidikan Jabar

Kamis, 7 November 2019 | 20:11 WIB

191107201155-maksi.jpg


SEKOLAH Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bandung menggelar simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), guna memaksimalkan sumber daya manusia dan alat yang disediakan. Mengingat, jadwal UNBK tahun 2020 akan dipercepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Staf Humas SMKN 2 Bandung, Rohendi mengatakan, dengan adanya kemajuan teknologi, ujian yang awalnya hanya dilakukan menggunakan sistem manual kertas dan pensil, sekarang sudah memakai komputer. "Meskipun UNBK sudah beberapa tahun ini dilaksanakan, namun tetap banyak kendala yang dialami pihak sekolah maupun penyelenggara," ujar Rohendi saat diwawancarai, Kamis (7/11/2019).

Sebab itu, menurut Rohendi, diperlukan pelatihan bagi anak-anak dalam mengerjakan UNBK agar saat ujian tidak asing lagi menggunakan komputer. Selain itu, simulasi juga bertujuan melatih teknisi dan prokotor sekolah agar siap menghadapi berbagai kendala yang mungkin terjadi di lapangan saat ujian berlangsung.

Terlebih, tambahnya, aplikasi UNBK yang kerap dikembangkan dengan berbagai fitur sering berubah dan bertambah. Maka dari itu, perlu dilakukan pengujian dari sisi klien maupun server serta diperlukan sosialisasi terhadap pengguna secara langsung, seperti prokotor, teknisi, dan peserta didik.

"Kami berharap, simulasi ini bermanfaat untuk menguji berbagai perangkat yang digunakan saat UNBK. Sehingga, bisa terhindar dari kendala yang diakibatkan oleh perangkat yang performanya kurang bagus," tuturnya.

Simulasi ini, jelas Rohendi, pada intinya berperan menguji semua elemen yang terlibat guna meminimalisasi gangguan-gangguan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan UNBK.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA