SLBN Cicendo Terima Kunjungan SMK Tengku Mahmud Iskandar Malaysia

Dinas Pendidikan Jabar

Kamis, 7 November 2019 | 12:22 WIB

191107122745-slbn-.jpg

ist


SEKOLAH Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Cicendo menerima kunjungan Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Tengku Mahmud Iskandar, Johor, Malaysia, Rabu (6/11/2019).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SLBN Cicendo, Sudarman mengatakan, kunjungan dari sekolah negara tetangga tersebut untuk studi banding, bertukar informasi, dan mempelajari pelaksanaan pendidikan di SLB.

"Selain mempelajari kurikulum yang diterapkan di sini, mereka juga diajak berkeliling sekolah untuk mengobservasi kegiatan di dalam kelas," ujarnya, saat ditemui di sekolah, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Rabu (6/11/2019).

Sudarman menjelaskan, kegiatan di SLBN Cicendo tidak hanya belajar mengajar, tapi juga mengasah keterampilan siswa melalui pendidikan vokasi. Mulai dari tata boga, tata rias, tata busana hingga kriya kayu.

"Sesuai kurikulum 2013, siswa SLB juga diwajibkan mengikuti program magang di dunia usaha dan industri. Sekolah kita pun sudah melaksanakan hal tersebut," ucapnya dalam rilis yang diterima galamedianews, Kamis (7/11/2019).

Kedatangan SMK Tengku Mahmud Iskandar, ungkap Sudarman, bukanlah suatu kebetulan. Selain sebagai salah satu SLB tertua di Indonesia, publikasi yang dilakukan sekolah membuat banyak lembaga mengunjungi SLBN Cicendo.
"Sebelumnya, ada juga lembaga pendidikan luar biasa dari Amerika Serikat yang berkunjung ke sini. Karena, media sosial dan website kita memang jalan," ungkapnya dalam laman disdik.jabarprov.go.id.

Kepala SMK Tengku Mahmud Iskandar, Ithin mengaku, sebagai sekolah inklusi, ia mendapat banyak ilmu dan ide baru dari kunjungannya ke SLBN Cicendo, khususnya melihat para guru yang sabar mengajari anak-anak.

"Guru di sini sangat sabar. Saya sangat respect karena guru begitu tekun dan fokus mengajarkan anak-anak," ucapnya.

Ia berharap, ilmu tersebut bisa dipelajari dan diadopsi tenaga pendidikan di sekolahnya.  

Selain kepala sekolah, kunjungan tersebut pun dihadiri beberapa guru, siswa, dan pengiring SMK Tengku Mahmud Iskandar.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA