Waduh, Harga Daging Sapi di Indramayu Tembus Rp 160 Ribu/Kilogram

Daerah

Sabtu, 23 Mei 2020 | 22:36 WIB

200523214719-waduh.jpg

dok

HARGA daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melonjak dari normal Rp 120 ribu menjadi Rp 160 ribu per kilogram sehari menjelang Idulfitri 1441 Hijriah.

"Saat ini harga daging sapi per kilogram kita jual Rp160 ribu," kata pedagang daging sapi di Pasar Baru Kabupaten Indramayu Ahmad Sutrisno di Indramayu, Sabtu (23/5/2020).

Kenaikan harga daging sapi biasanya atau normalnya yaitu Rp 120 ribu per kilogram. Namun sejak beberapa hari, terutama menjelang Idulfitri 1441 H, harga terus merangkak naik.

Menurut Sutrisno, kenaikan tidak sekaligus namun lima hari menjelang lebaran itu per hari naik Rp 10 ribu dan sampai puncaknya pada sehari menjelang Idulfitri yang tembus Rp 160 ribu per kilogram.

"Kenaikannya hampir setiap hari menjelang Lebaran dari Rp 10 ribu sampai Rp 40 ribu," tuturnya.

Dia mengatakan kenaikan tersebut dikarenakan permintaan cukup besar, terutama lima hari menjelang Idulfitri, sehingga mau tidak mau harus naik.

Senada dengan Sutrisno, pedagang lain Sunarto juga mengatakan hal senada. Menjelang Lebaran harga daging sapi dari tahun ke tahun memang selalu naik dan itu sudah wajar.

Sunarto menuturkan sebelum dan saat bulan Ramadan datang, harga daging sapi tidak naik dan tidak turun, hal ini dikarenakan permintaan juga tetap serta ketersediaan masih cukup.

"Kalau awal puasa permintaan masih biasa, kadang malah turun apalagi pada masa sekarang ini yang serba sulit, jadi harga tidak naik. Tapi menjelang Idulfitri permintaan banyak, jadi kita naikkan," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA