Jalan Provinsi di Cigunung Ancrit Tasikmalaya Tertutup Longsor

Daerah

Jumat, 22 Mei 2020 | 08:31 WIB

200522083223-jalan.jpg

JALAN Provinsi di kawasan Jalan Raya Utara Cigunung Ancrit, Desa Sodonghilir, Kecamatan Sodong Hilir, Kabupaten Tasikmalaya, tertutup material tanah akibat longsor, Kamis (21/5/2020) sekitar pukul 23.50 WIB.

Meski tidak menelan korban, peristiwa ambruknya tebing tanah yang menimpa jalan provinsi tersebut, mengakibatkan akses jalan penghubung ke sejumlah wilayah tertutup.

"Terjadinya bencana tanah longsor yang menutup sebagian akses jalan raya provinsi di jalan raya utara Cigunung Ancrit, diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan tersebut sepanjang malam," kata Munadi (44) salah satu warga sekitar lokasi.

Menurutnya, meterial tanah longsor yang menutup akses jalan itu sekitar 30 meter lebih. Kendaraan warga yang tidak bisa melintasi jalan tersebut. Sehingga warga harus memutar dengan menggunakan jalur lain atau jalan alternatif.

Danramil 1223/Sodong, Letda Inf Mirhamdi Siregar menyebutkan, bencana longsor terjadi saat hujan deras. Selain itu, akibat bencana itu karena kontur tanah yang sangat labil. Sehingga jika terjadi hujan deras apalagi hujan mengguyur cukup lama mudah sekali longsor.

"Kondisi tanah di daerah sini (Sodong Hilir, red) bila terkena aliran air yang sangat kuat dari hujan yang sangat tinggi intensitasnya, mudah ambruk. Sehingga warga harus waspada," katanya.

Menurut Mirhamdi, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Masyarakat, unsur dari aparat pemerintahan Kecamatan Sodonghilir serta TNI bergotong-royong untuk membersihkan material longsor yang menutup sebagian bahu jalan.

Pihaknya, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi. Selain itu, warga diharapkan menggunakan jalur lain jika hendak ke kampung tetangga ataupun ke wilayah Kota Kecamatan ataupun ke Kota Tasikmalaya.

Dikhawatirkan terjadi longsor susulan yang bisa membahayakan keselamatan warga. Sebab hujan masih tinggi.


Akses jalan Provinsi di kawasan Jalan Raya Utara Cigunung Ancrit, Desa Sodonghilir, Kecamatan Sodong Hilir, Kabupaten Tasikmalaya, tertutup material tanah akibat longsor.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA