Naiki Mobil Damkar, Bupati Garut Komandoi Penyemprotan Disinfektan

Daerah

Selasa, 24 Maret 2020 | 16:43 WIB

200324163822-naiki.jpg

Robi Taufik Akbar

SELASA (24/03/2020), beberapa armada kendaraan sudah diparkir di pelataran Kompleks Pendopo Garut. Aparat gabungan terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Diskominfo, Polres dan Kodim 0611/Garut sudah stand by menunggu komando.

Dalam sepekan ini Pemkab dibantu aparat gabungan TNI/Polri mengintensifkan pencegahan virus corona (Covid-19). Bahkan Bupati Garut Rudy Gunawan seusai menggelar apel, terjun langsung mengomandoi penyemprotan disinfektan di wilayah perkotaan.

Dengan berdiri di atas unit kendaran damkar, Bupati Rudy dengan memegang megaphone berkeliling menyapa warga sambil berulang kali mengeluarkan imbauan agar warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Bupati juga menyerukan warganya tetap bertahan di rumah agar penyebaran virus ini bisa segera terputus.

Bersama hampir 100 aparat gabungan, dengan 3 unit kendaraan Damkar, bupati menyisir di sepanjang Jalan A. Yani - Ciledug - Papandayan - Pembangunan - Cimanuk - Merdeka - Bunderan Guntur - Guntur - Ciwalen - kembali ke Jalan A. Yani - Siliwangi - dan berakhir di Pendopo.

Bupati Garut dalam keterangannya mengatakan, upaya masif termasuk kegiatan penyemprotan ini sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di Garut. Selama sepekan ini pihaknya dibantu TNI/Polri melakukan penyemprotan disinfektan.

"Hari ini kami juga menyemprot jalan-jalan protokol oleh petugas gabungan, dan langsung saya pimpin dalam penyemprotan ini," ujarnya.

"Semua bergerak, sehingga Garut tetap hijau dan aman dari virus Corona," harapnya.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tb. Agus Sopyan, selain kendaraan 3 unit Damkar, juga menurunkan armada lain, termasuk kendaraan BPBD dan Diskominfo. Penyemprotan dengan dengan memanfaatkan kendaraan damkar, imbuhnya menghabiskan 114 liter disinfektan.

Upaya serius Pemkab Garut diapresiasi warga. Salah seorang supir angkutan kota jurusan RSU - Terminal Guntur, Aris (45), menyambut positif penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan protokol ini.

"Tadi lihat bapak bupati naik damkar, jadi setidaknya kami merasa nyaman dengan yang dilakukan bupati dan para petugas tadi," ujarnya.

Sambutan positif juga disampaikan salah seorang warga Banyuresmi, Indra (47). Ia berharap upaya ini sebagai ikhtiar terhindar dari wabah yang selama ini membuatnya panik.

"Syukurlah, tadi bupati sudah memberikan informasi, Garut masih zona hijau," kata dia seraya berharap Garut tetap waspada dan terhindar dari wabah mematikan itu.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA