Longsor Hancurkan Rumah Alit Solihat

Daerah

Sabtu, 25 Januari 2020 | 21:03 WIB

200125205749-longs.jpg

Agus Somantri

Rumah Alit Solihat (53), di Kampung Babakan RT 02 RW 01, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa material longsoran, Sabtu (25/1/2020).

BENCANA tanah longsor kembali melanda wilayah Kabupaten Garut. Kali ini longsor terjadi di Kampung Babakan RT 02 RW 01, Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Sabtu (25/1/2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebutkan, longsor terjadi sekitar pukul 16.50 WIB.

Menurut Tubagus, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut. Namun satu rumah milik Alit Solihat (53) mengalami kerusakan cukup parah karena tertimpa material longsoran.

"Longsor terjadi akibat hujan deras yang terus menerus menyebabkan kontur tanah mengalami pergeseran dan menyebabkan longsor menimpa bangunan rumah warga," ujarnya, Sabtu (25/1/2020).

Tubagus menyebutkan, penanganan sementara yang dilakukan yaitu peninjauan lokasi oleh Forkopimcam Cibatu bersama pemerintah desa setempat serta berkoordinasi dengan sejumlah unsur terkait lainnya.

Tubagus menambahkan, korban yang rumahnya terdampak longsor terpaksa diungsikan dulu sementara ke tempat keluarga atau kerabatnya yang dinilai lebih aman untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kerugian materi belum bisa dipastikan, masih dalam penghitungan," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA