Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unsil Tasikmalaya, Ajak Warga Bikin Awug

Daerah

Jumat, 24 Januari 2020 | 20:33 WIB

200124201557-mahas.jpg

SEJUMLAH mahasiswa Universitas Siliwangi jurusan Pendidikan Sejarah yang tengah melakukan tugas akhir Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar pelatihan.

Pelatihan kepada masyarakat dan Santri di Dusun Nyalindung, Desa Buniasih, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, pembuatan makanan tradsional. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Madrasah Al-Istiqamah, Jumat (24/1/2020), dihadiri masyarakat Dusun Nyalindung dan Santri.

Koordinator Desa KKN 16 Desa Buniasih, Hadianto Harisma mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang lain dalam cara mengolah dan mengemas produk makanan Awug yang memang sudah menjadi ciri khas makanan orang Sunda.

Hadianto mengatakan, kegiatan ini akan menjadi langkah konkret 20 mahasiswa dari KKN 16 Buniasih untuk mendorong kemajuan daya beli masyarakat Desa Buniasih. Sementara untuk kegiatannya mengambil sample dari Dusun Nyalindung, dengan peserta sebanyak 35 orang.

“Jadi untuk KKN kali ini, saya melakukan evaluasi dari KKN-KKN sebelumnya. Mulai dari program sampai teknis pelaksanaan,” katanya.

Menurutnya, masyarakat hari ini bukan mereka yang pikirannya kosong tanpa ide dan inspirasi. Tapi masyarakat yang kurang stimulus untuk bergerak merealisasikan idenya tersebut.

“Kita sudah merancang lima program. Satu dusun satu program,” ucapnya.

Nalendra selaku ketua pelaksana pelatihan menambahkan bahwa, "Saya berharap besar, makanan tradisional seperti Awug ini dapat tetap lestari dan dikenal banyak orang. Mengikuti zaman," katanya.

Kepala Desa Buniasih, Dede Egi, S.M. menyambut bahagia kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan pelatihan seperti ini akan mendorong kesadaran masyarakat Buniasih untuk berwirausaha yang nantinya berimplikasi pada meningkatkan daya beli masyarakat.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA