Dua Pasangan Suami Istri Bersaing pada Pilkades Serentak di Sumedang

Daerah

Kamis, 23 Januari 2020 | 16:39 WIB

200123164039-dua-p.jpg

DUA pasangan suami istri (pasutri) dipastikan bakal bersaing pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang III di Kab.Sumedang.

Kepastian itu menyusul ditetapkannya kedua pasutri itu sebagai calon kepala desa. "Kedua pasutri itu yakni Iis dan Tatang Calon Kepala Desa Tanjungmulya Kec.Tanjungkerta, serta Suharja dan Tayun Calon Kepala Desa Ciuyah Kec.Cisarua. Mereka akan bersaing dalam Pilkades serentak, pada 8 April 2020," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Sumedang H Nuryadin,  Kamis (23/1/2020).

Sebut Nuryadin, tidak ada aturan yang salah, ketika pasangan suami istri ikut Pilkades. Situasi itu pernah terjadi pada Pilkades gelombang II, di Desa Citimun Kec. Cimalaka. Waktu itu, calon incumben ditantang istrinya. "Demikian pula yang terjadi sekarang, para istri menantang calon incumben di Desa Tanjungmulya dan Ciuyah," ujarnya.

Selain itu, Nuryadin mengatakan,  calon kepala desa yang sudah ditetapkan, dan akan mengikuti tahapan berikutnya, berjumlah 337 orang, dari jumlah yang mendaftar sebanyak 381 orang.

Pelaksanaan  Pilkades Serentak, dibutuhkan persiapan yang matang. Sehingga konflik yang kerap timbul pasca Pilkades, seperti yang terjadi di tempat lain bisa diantisipasi.

Situasi itu tidak terkecuali harus dilakukan di wilayah Pemerintahan Kab.Sumedang. Pilkades serentak gelombang III, akan dilaksanakan di 88 desa tersebar di sejumlah kecamatan."Oleh sebab itu, guna mengantisipasi hal tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan," imbuhnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA