Ada Longsor, Jalan Penghubung Desa Ditutup

Daerah

Rabu, 22 Januari 2020 | 17:26 WIB

200122172704-ada-l.jpg

Dally Kardilan

Camat Tanjungsiang, Heri Hermasyah dan Kapolsek usai menutup jalur jalan yang ada longsoran di bahu dan retakan di jalan penghubung 2 desa.

LONGSOR di tebing jalur jalan raya Kampung Naggela, Desa Sindanglaya, Kacamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang terpaksa harus menutup jalan penghubung 2 desa, Tanjungsiang menuju Sindanglaya.

Camat Tanjungsiang, Heri Hermansyah yang ditemui Rabu (22/1/2020) membenarkan kalau longsor tebing terjadi pada Senin (20/1/2020) sekitar pukul 00.30 WIB, ternyata kembali terjadi sehari kemudian sehingga jaraknya ke bahu jalan tinggal 1 meter yang sebelumnya 4 meter.

“Luas longsor diperkirakan mencapai 500 meter persegi dan kami sepakat bersama Muspika untuk menutup jalan tersebut bagi kendaraan roda 4, apalagi sudah ada retakan,“ katanya.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Tanjungsiang, Iptu Suryadibrata dengan ditutupnya jalan menuju Sindanglaya, maka jalur untuk roda 4 dialihkan ke Jalan Desa Sirap, Kecamatan Tanjungsiang.

“Akibat longsor jarak dari Jalan Raya Nanggela kurang lebih 1 meter sehingga dikuatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, “jelas Kapolsek dan saat ini sudah dipasang rambu-rambu peringatan.

Ancam 3 Rumah

Sementara itu longsoran tebing di Kampung Karihkil, Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang Subang setinggi 15 meter dengan lebar 20 meter mengancam 3 rumah yang ada di atasnya. Sebab, jaraknya tinggal 6 meter ke daerah longsoran.

Kepala BPBD Subang, H.Hidayat melalui Kasi Kedaruratan, Darmono kalau pihaknya sudah melakukan asismen bersama Camat, Kapolsek, Danramil serta Kades Kasomalang Kulon, Amir dan akan segera menanggulanginya dengan bergotong royong.

“Untuk mencegah terjadinya longsoran tanah, besok Kamis (23/1/2020) mengajak warga setempat gotong royong untuk membuat tanggul menggunakan karung dan bambu. Dari kami hari ini menyalurkan 1000 karung dan untuk bambunya disiapkan oleh warga,”ungkap Darmono.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA