Ciamis Ada di Urutan ke-16 Nasional dalam Kerawanan Bencana

Daerah

Selasa, 21 Januari 2020 | 17:00 WIB

200121165953-ciami.jpg

Pepi Irawan

MASYARAKAT Kabupaten Ciamis diminta untuk waspada dan mengenali jenis bencana. Pasalnya, Ciamis saat ini ada di urutan ke-16 secara nasional dan ke-5 di Jawa Barat dalam hal kerawanan bencana.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya pada Gelar Pasukan Siaga Bencana, di Alun-Alun Ciamis, Selasa (21/1/2020). Apel tersebut bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi setiap personel, material, sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melaksanakan misi penanggulangan bencana alam di kabupaten ciamis.

"Ini salah satu kesiap siagaan Kabupaten Ciamis dalam menghadapi bencana. Ini juga bagian untuk meningkatkan koordinasi dalam penanganan situasi bencana dalam memaksimalkan semua potensi yang dimiliki. Seluruh masyarakat Kabupaten ciamis agar selalu waspada dan mengenali jenis bencana. Tapi mudah-mudahan di Ciamis ini tidak ada bencana," tutur Herdiat.

Ia menambahkan, berdasarkan catatan BMKG, Ciamis adalah salah satu daerah dengan tingkat kerentanan tertinggi.

"Kabupaten Ciamis ada di urutan ke-16 tingkat nasional dan urutan ke-5 di Jawa Barat dalam kerentanan bencana. Potensi bencana ini disebabkan dari berbagai faktor seperti angin kencang, gempa bumi dan longsor. Sehingga ini menjadi tanggung jawab bersama," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA