TPA Panembong Subang Bakal Dipindahkan ke Kalijati

Daerah

Selasa, 21 Januari 2020 | 14:18 WIB

200121141954-tpa-p.jpg

Dally Kardilan

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi bersama aparat terkait saat bergotong royong memunguti sampah yang menutupi pesawahan di Wanareja.

TEMPAT pembungan akhir (TPA) sampah Panembong, Kelurahan Parung, Kecamatan Subang akan segera dipindahkan ke daerah Kalijati. Bahkan bulan depan sudah tidak akan digunakan lagi karena sudah tidak layak.

Bupati Subang, H. Ruhimat didampingi Wakilnya, Agus Masykur usai ikut gotong-royong pembersihan lahan sawah yang terdampak sampah di Wanareja, Selasa (21/1/2020) mengakui kalau kondisi TPA Panembong  tidak layak sehingga over kapasitas sering terbawa longsoran masuk sungai.

“Mudah-mudahan mulai bulan depan sudah tidak digunakan lagi dan dipindahkan ke wilayah Kalijati atau Cipeundeuy dengan luas yang cukup,“ kata Bupati.

Terkait hal itu, pemerintah sudah memikirkan kondisi saat ini, serta perhitungan lokasi yang akan dijadikan TPA pengganti jauh dari perkampungan dengan luas lebih dari 150 hektar.

“Jadi mohon maaf kepada warga yang terkena dampak banjir hingga lahan sawahnya tertutupi sampah-sampah plastic, semoga dengan adanya pembersihan ini tumbuh dan hasilnya lebih baik,“ ujarnya.

Kapolsek Subang, Kompol Iwan Setiawan menyebutkan kalau lahan sawah yang terdampak sampah TPA Panembong karena terbawa banjir bandang seluas 8.400 m2 atau 400 bata.

“Jadi dari sekian puluhan yang terdampak yang bernar benar rusak hanya sekian ratus bata,“ katanya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA