Pulihkan Paru-Paru Kota Bupati Sumedang Hijaukan Gunung Palasari

Daerah

Minggu, 19 Januari 2020 | 19:23 WIB

200119192452-pulih.jpg

Ade Hadeli

BUPATI Sumedang H.Dony Ahmad Munir memimpin penanaman pohon di Kawasan Gunung Palasari Kel Kota Kulon Kec.Sumedang Selatan Kab.Sumedang, yang sebelumnya mengalami kebakaran.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, Sekda Sumedang Herman Suryatman, sejumlah pejabat eselon II dan para Camat.

"Ya, kemarin Jumat (17/1/2020), kami telah, melaksanakan penanam pohon, jenis buah-buahan di Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Palasari," kata Dony via pesan whatsapp, Minggu (19/1/2020).

Saat kemarau kemarin, kawasan tersebut mengalami kebakaran cukup hebat.  Mengingat keberadaan Tahura tu cukup penting, karena salah satunya berfungsi sebagai paru-paru kota, maka harus ada upaya penangan konkret. Salah satu caranya, dengan menghijaukan kawasan tersebut.

"SEdikitnya 200 bibit pohon, jenis buah-buahan endemik, seperti Pala, Matoa, Asem, Bihbul dan Dukuh. Tentu ini menjadi kewajiban kita untuk menanaminya.  Sehingga hutan yang tadinya tandus dan kering akan menjadi hijau kembali, setelah ditanami berbagai jenis bibit buah-buahan," ujarnya.

Dony menyebutkan, luas lahan Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci totalnya mencapai 36 hektar. Dari total lahan 36 hektar, yang direboisasi saat ini mencapai 10 hektar. Karena lebihnya sudah hijau.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA