Dua Wisatawan Asal Tangerang Tewas Digulung Ombak Pantai Cijeruk Garut

Daerah

Minggu, 12 Januari 2020 | 19:22 WIB

200112191936-dua-w.jpg

ist

TIGA orang wisatawan asal Tangerang terseret arus saat berenang di Pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Minggu (12/1/2020). Dua orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sedangkan satu orang lainnya masih dalam pencarian.

Camat Cibalong, Ahmad Mawardi menyebutkan, dua korban yang sudah ditemukan tersebut masing-masing adalah Slamet (47), warga Kampung Warung Mangga, Desa Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang dan Supriadi (46), warga Kampung Cisoka, Perum Bukit Gading Permai, Tangerang.

"Satu orang lagi yang belum ditemukan yakni Rusnita alias Bojes (32) berjenis kelamin laki-laki yang berasal dari Kampung Ciakar, Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang," ujarnya, Minggu (12/1/2020).

Menurut Ahmad, berdasarkan keterangan yang didapatnya, ketiga korban yang berasal dari Tangerang tersebut datang bersama empat orang rekannya ke Pantai Cijeruk Cibalong sengaja untuk berlibur. Ketujuh wisatawan itu tiba di Pantai Cijeruk menggunakan mobil Toyota Avanza sekitar pukul 04.30 WIB.

Sekitar pukul 05.00, lanjut Ahmad, mereka bergegas menuju pantai dengan berjalan kaki untuk berenang. Sementara mobilnya disimpan di dekat warung tak begitu jauh dari bibir pantai.

Namun sekitar pulul 07.00, sejumlah rekan korban berlarian ke warung untuk meminta pertolongan dan mengabarkan kepada warga jika tiga rekan mereka terseret arus laut.

"Sebenarnya saat di pantai mereka sempat minta tolong ke nelayan. Tapi nelayan tidak berani menurunkan perahu karena terkendala gelombang tinggi. Bisa membahayakan nyawa nelayan juga," ucapnya.

Ahmad menuturkan, dua korban meninggal jenazahnya sudah dibawa ke Puskesmas Cibalong. Semementara satu korban lainnya masih dalam pencarian tim gabungan yang terdiri dari pihak kecamatan, Polsek, Tagana, Satpolair, dan Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Bandung.

"Tim gabungan masih menyisir pantai untuk mencari satu korban lagi. Sedangkan dua korban meninggal, jenazahnya masih ada di Puskemas Cibalong, menunggu dijemput pihak keluarga. Ya keluarga korban sudah dihubungi," katanya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansah, membenarkan adanya wisatawan asal Tangerang yang terseret arus di perairan Pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong tersebut.

"Saat kejadian ketiga orang wisatawan tersebut sedang berenang namun tergulung ombak dan terseret arus. Dua orang diketemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu orang lagi masih dalam pencarian," ucapnya.

Deden menyebutkan, atas kejadian tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polair Kabupaten Garut. Selain itu, KPP Bandung juga telah memberangkatkan satu tim rescue dari Pos SAR Tasikmalaya untuk melakukan pencarian.

"Sarana yang digunakan di antaranya 1 unit truk rescue, 1 set Palsar Air, 1 set peralatan medis, dan 1 set alat komunikasi," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA