Umat Islam di Ciamis Kecam Aksi Penindasan Terhadap Muslim Uighur

Daerah

Jumat, 3 Januari 2020 | 17:50 WIB

200103174521-umat-.jpg

Pepi Irawan

MASYARAKAT Ciamis yang tergabung di Forum Umat Islam Ciamis menggelar aksi damai sekaligus doa bersama untuk muslim Uighur yang teraniaya di Xinjiang, Cina. Aksi digelar di Taman Alun-Alun Ciamis, Jumat (3/1/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Ada sekitar 300 santri gabungan dari berbagai elemen masyarakat serta para ulama yang hadir dalam aksi tersebut. Dalam orasinya mereka mengecam penindasan terhadap muslim Uighur.

Walapun diguyur hujan, aksi damai dan doa bersama tetap berjalan. Satu per satu tokoh ulama menyampaikan orasinya di hadapan peserta aksi. Dalam aksi tersebut Polisi, TNI, Satpol PP dan Dishub melakukan penjagaan.

"Kami sebagai umat Islam mengecam keras atas tindakan yang menindas muslim Uighur, ini wajib bagi kami untuk melakukan aksi solidaritas," ujar Pembina Forum Umat Islam Ciamis, KH Nonop Hanapi saat diwawancara awak media.

Menurut Nonop, umat Islam Uighur saat ini sedang dalam kondisi sangat memprihatinkan karena tindakan penghapusan etnis muslim Uighur.

"Kami berharap pemerintah Indonesia mendorong kepada dunia Internasional untuk melakukan lobi secara diplomatik," tegasnya.

KH Nonop juga berpesan kepada seluruh umat Islam untuk tidak gampang diadu domba atau terpropaganda dan harus pintar membaca situasi. Pasalnya, muslim terbesar ada di Indonesia.

Selain aksi damai dan doa bersama, Forum Umat Islam pun melakukan penggalangan dana untuk sedikit membantu meringankan beban umat Islam mereka yang akan disalurkan ke perwakilan Uighur yang ada di Jakarta.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA