Musim Hujan, PLN Waspadai Jalur Putus Akibat Pohon Tumbang

Daerah

Kamis, 12 Desember 2019 | 20:07 WIB

191212200712-musim.jpg

dok

ilustrasi

DATANGNYA musim hujan bagi sejumlah wilayah yang kekeringan menjadi berkah karena air menjadi lebih mudah didapatkan. Namun tidak begitu bagi PT PLN. Datangnya musim hujan apalagi dibarengi dengan angin yang kencang, membuat mereka harus waspada, khususnya di jalur-jalur yang di sekitarnya terdapat pepohonan yang rimbun dan tinggi.

Andrey Prayudha, Supervisor Gardu Induk Kamojang menyebutkan, datangnya musim hujan membuat pihaknya beserta petugas di lapangan harus ekstra waspada. Hal itu dilakukan melihat ancaman yang datang, khususnya jaringan listrik yang bisa mengganggu kebutuhan masyarakat.

Andrey mencontohkan, salah satu peristiwa yang sempat terjadi yaitu tumbangnya sebuah pohon yang menimpa kabel PLN SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kilo volt beberapa hari lalu.

"Kejadiannya pada Selasa (10/12/2019) sekitar pukul 15.00 WIB. Pohon tumbang akibat angin kencang yang dibarengi hujan lebat," ujarnya, Kamis (12/12/2019).

Menurut Andrey, peristiwa tersebut sempat mengakibatkan padamnya jalur yang dilewati kabel SUTT Kamojang-Darajat. Meskipun memang tidak menyebabkan padam ke konsumen karena jalur SUTT Kamojang-Darajat memiliki dua penghantar, yaitu pengantar 1 dan 2.

"Sementara dalam kejadian itu jalur yang terganggu tertimpa pohon hanya penghantar 2 saja," ucapnya.

Andrey menyebutkan, usai mengetahui kejadian itu pihaknya bersama tim pemeliharaan dari PLN unit layanan transmisi Garut langsung melakukan pengamanan area dan recovery gangguan agar jalur SUTT bisa segera normal lagi.

Ia menuturkan, kejadian-kejadian serupa bisa saja kembali terjadi baik di jalur yang sama atau lokasi lainnya yang dilewati jaringan listrik. Karena itu, pihaknya mengimbau kepada warga untuk senantiasa berhati-hati saat melihat ada jalur listrik yang putus akibat tertimpa pohon atau karena sebab lainnya.

Andrey juga meminta saat masyarakat mengetahui ada kejadian tersebut agar segera melaporkan langsung kepada PLN, sehingga bisa segera dilakukan penanganan dengan cepat.

"Atau kalau menemukan ada pohon yang mengancam kawat listrik juga bisa melaporkan ke kita, sehingga kita langsung melakukan pemeliharaan dengan cara dipangkas," katanya.

Andrey menambahkan, pihaknya selalu siaga penuh agar saat menerima laporan atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan langsung bisa langsung ditangani dengan cepat dan tepat.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA