Libur Nataru, Jalur Puncak Diprediksi Sulit Bebas dari Kemacetan

Daerah

Selasa, 10 Desember 2019 | 17:02 WIB

191210170017-libur.jpg

detik.com

Ilustrasi kemacetan di kawasan Puncak, Cianjur.

MENJELANG momen Natal dan Tahun Baru 2020, Polres Cianjur dan unsur pemerintah setempat mulai melakukan persiapan pelayanan. Potensi kemacetan menjadi sorotan utama pihak terkait, terutama di jalur Puncak yang menjadi titik paling rawan.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, kemacetan di jalur Puncak akan sulit dihindari karena ruas jalan tersebut menjadi satu-satunya akses dari Cianjur utara. Oleh karena itu, aparat berwenang yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan unsur lainnya akan menyiagakan pos pelayanan di titik tersebut untuk mengantisipasi kendala lalu lintas.

”Jadi kami mempersiapkan pos pelayanan dan tim pengurai kemacetan yang merupakan gabungan dari lantas, dishub, serta satpol PP. Kalau terjadi kemacetan maka bisa langsung dilakukan rekayasa jalan,” ujar Juang, di Mapolres Cianjur, Selasa (10/12/2019).

Selain itu, tim gabungan juga akan melakukan sejumlah rekayasa jalan di wilayah Cianjur. Hal itu, nantinya akan dibahas lagi dalam rapat bersama pihak dari Bogor untuk mensinergikan sistem buka tutup jalur.

Menurut Juang, diperlukan pembahasan lebih lanjut terkait sistem tersebut. Dimulai dari jalur Bogor-Cianjur-Bandung dan Bandung-Cianjur-Jakarta. Kondisi lalu lintas dinilai, menjadi salah satu poin penting dalam pelayanan di musim liburan akhir tahun sehingga perlu dibahas secara mendalam.

Lebih lanjut dikatakan, hingga saat ini kesiapan pariwisata, fasilitas hotel, hingga kuliner di kawasan utara diklaim sudah siap menjelang akhir tahun. Ia mengatakan, sudah ada beberapa upaya antisipasi terjadinya lonjakan tingkat pariwisata.

Juang menambahkan, upaya untuk memberikan kenyamanan pengunjung juga akan ditunjang dengan dibentuknya satgas penembak jitu. Ia mengungkapkan, satgas tersebut bertugas untuk mencegah pihak-pihak yang hendak berbuat onar pada momen liburan akhir tahun.

”Satgas untuk patroli keliling juga disiagakan, intinya semua siap. Dan semoga bisa lebih baik dari tahun lalu,” ucapnya seperti ditulis wartawan "PR", Shofira Hanan.

Sementara itu, ia juga mengimbau, agar pengendara bisa memanfaatkan rest area untuk beristirahat saat menempuh perjalanan jauh. Pengunjung harus bisa memastikan, kendaraan terparkir di area yang luas agar tidak mengganggu lalu lintas.

”Nanti di Polres Cianjur juga bisa digunakan, misalnya mau nitip barang bisa di sana,” kata dia.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA