SD Negeri 1 Depok Cisompet Garut Dilalap Api

Daerah

Selasa, 3 Desember 2019 | 17:50 WIB

191203175152-sd-ne.jpg


KEBAKARAN melanda bangunan sekolah dasar (SD) di Desa Depok, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Selasa (3/12/2019) dini hari. Akibat peristiwa tersebut, pihak sekolah mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena banyak barang elektronik yang ludes terbakar.

Komandan Kodim (Dandim) 0611 Garut, Letkol Inf. Erwin Agung, menyebutkan, sekolah yang terbakar tersebut adalah SDN 1 Depok yang berada di Kampung Pagelaran, Desa Depok, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut.

"Yang terbakar bangunan ruangan perpustakaan dan ruangan kepala sekolah," ujarnya, Selasa (3/12/2019). 

Menurut Erwin, berdasarkan dugaan sementara kebakaran disebabkan akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Karena berdasarkan keterangan sejumlah saksi, api pertama kali terlihat di bagian atap bangunan yang terbakar.

Saat mengetahui bangunan sekolah tersebut terbakar, terang Erwin, saksi pun langsung memberitahukan hal tersebut kepada warga sekitar dan mengontak Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut untuk melakukan pemadaman.

"Alhamdulillah api tidak menjalar ke ruangan lainnya. Api berhasil dipadamkan satu jam kemudian setelah dilakukan upaya pemadaman," ucapnya.

Erwin menuturkan, akibat peristiwa (kebakaran) tersebut pihak sekolah mengalami kerugian hingga mencapai sekitar Rp 200 juta. Kerugian yang besar ini dikarenakan banyaknya barang elektronik milik sekolah yang hangus terbakar, seperti komputer, printer, televisi, kipas angin, dispenser, pengeras suara, hingga organ musik.

"Selain itu, lemari buku, kursi, alat olahraga, meja komputer, dan administrasi sekolah juga ikut terbakar," katanya.   

Kendati begitu, Erwin memastikan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut, karena pada saat terjadi kebakaran sedang tidak ada aktivitas di lingkungan sekolah.

"Aktivitas kegiatan belajar mengajar pun di pagi hari tidak terganggu karena memang bukan ruang kelas yang terbakarnya," ucapnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA