Workshop PPGD Awam Relawan Layad Rawat Digelar Serentak

Daerah

Selasa, 3 Desember 2019 | 11:00 WIB

191203110152-works.jpg

Pepi Irawan

Purnama saat memberikan penjelasan terkait bagaimana PPGD karena bagaimana menjadi masyarakat sebagai lini terdepan untuk pertolongan pertama.


DINAS kesehatan Kabupaten Ciamis selama tiga hari mengadakan workshop Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) untuk awam relawan layad rawat Si Cinta Prov. Jawabarat Angkatan l, di Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta dari berbagai perwakilan seperti TNI, Polri, Tagana, Ibu – ibu PKK, Karangtaruna, PPDI dan awak Media liputan Ciamis dengan beberapa narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dan Propinsi Jawa Barat.

Acara tersebut dibuka Asda II, Toto Marwoto mewakili bupati menyampaikan, beberapa hal yang perlu dicermati dalam membangun sebuah derajat kesehatan salah satunya adalah promotif, wawasan, serta attitude yang baik dari kita sebagai masyarakat Ciamis.

“Kami berharap dengan adanya workshop ini, terjadi konektivitas antara peran serta para relawan dengan dinas terkait. Sehingga bisa membangun layanan kesehatan dan penanganan gawat darurat ke masyarakat dengan sangat tepat, tentunya dengan beberapa langkah prefentive dan solusi kuratif yang saat ini akan kita sama-sama pelajari, “ paparnya, Selasa (3/12/2019).

Sementara Ketua pelaksana Eni Roheni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada beberapa yang masyarakat terpilih, yang nantinya mereka adalah kepanjangan tangan dari Dinas kesehatan.

“Acara ini didanai dari dana APBD yang disalurkan melalui Dinkes Kabupaten Ciamis tsebagai salah satu solusi pengentasan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), terjadinya resiko-resiko dan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan masyarakat,“ jelasnya.

Masih kata Eni, salah satunya contoh kejadian penanganan kecelakaan yang sangat membutuhkan pelayanan cepat sebelum tindakan medis. Di sini akan diberikan arahan langsung dalam mempraktekan seperti apa untuk pertolongan pertama sebelum di Bawa RSUD atau Puskesmas terdekat.

“Pembentukan PPGD untuk awam Relawan Si cinta angkatan l ini sangat bermanfaat untuk kita dan masyarakat dalam Program Indonesia sehat yang digelontorkan Pemerintah Pusat melalui Gubernur Jawa barat , sesuai visi dan misi Bupati Ciamis." pungkasnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA