Go Dok Diluncurkan, Warga Tak Perlu Antre ke Disdukcapil Kota Tasikmalaya

Daerah

Senin, 2 Desember 2019 | 20:42 WIB

191202204300-go-do.jpg


PROGRAM inovasi pelayanan dokumen Kependudukan dan Kartu Keluarga, warga Kota Tasikmalaya cukup melalui WhatsApp bernama Go Dokumen (Go-Dok).

Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Disdukcapil meluncurkan program pelayanan tersebut di halaman Balai Kota Tasikmalaya, Senin (2/12/2019).

Program tersebut sebagai pelayanan terhadap warga. Kini tak perlu lagi datang dan mengantre ke kantor Disdukcapil ataupun Kantor Kecamatan untuk mengurusinya. Dokumen akan diantarkan oleh petugas langsung ke rumah.

"Persyaratannya seperti biasanya, namun kini sangat mudah, tinggal difoto dan kirim ke nomor WhatsApp resmi Go-Dok. Nanti petugas akan mengantarkan ke rumah dokumen tersebut," kata Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Imih M. Munir, usai peluncuran di Balai Kota.

Dikatakannya, semua pelayanan melalui Go Dok gratis, tanpa dipungut biaya. Pemrosesan data juga diupayakan rampung dalam satu hari kerja. Beberapa pelayanan yakni, akta kelahiran, pencetakan perubahan data kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), akta kematian dan sebagainya.

"Program ini merupakan jawaban atas tantangan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan inovasi pelayanan. Kita tidak memungut biaya, ataupun tarif melalui pelayanan Go Dok ini. Jangan mau kalah dengan Gojek dengan pelayanannya," katanya.

Adapun setelah diluncurkan hari ini, kata Imih, program ini akan terus disempurnakan untuk kebahagiaan warga. Pihaknya juga menjamin kerahasiaan data karena petugas bukan dari pihak luar.

"Sambil berjalannya waktu, pelayanan ini terus dilengkapi dan disempurnakan," katanya.

Salah seorang warga Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Helma Aprianti (41) mengatakan, sangat terbantu dengan adanya Go Dok. Sebab untuk menyisihkan waktu mengurus dokumen kependudukan membutuhkan waktu yang cukup. Sementara aktifitas sehari-harinya disibukkan dengan pekerjaan yang sangat menyita waktu.

"Hanya mengirim data yang diperlukan oleh Dinas terkait melalui pesan WhatsApp. Setelah itu, petugas Disduk atau Kecamatan akan mengkonfirmasinya dengan telepon balik. Kemarin hanya dalam waktu sehari selesai mengurus KIA dan membetulkan kartu keluarga," ujarnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA