1 Juta Pohon Hijaukan Daerah Tangkapan Air Waduk Jatigede Sumedang

Daerah

Senin, 2 Desember 2019 | 18:41 WIB

191202184255-1-jut.jpg

SEBANYAK 1 juta beragam bibit pohon ditanam untuk menghijaukan catchment area (daerah tangkapan air) Waduk Jatigede, tepatnya di Blok Cisema Desa Pakualam Kec. Darmaraja Kab.Sumedang, Senin (2/12/2019).

Kegiatan itu dipimpin  Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, serta diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman dan Dandim 0610 Sumedang Letnan Kolonel ARH. Novianto Firmansyah, S.E, M.Tr. (Han), serta  puluhan kepala sekolah di wilayah Waduk Jatigede.

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mengatakan, kegiatan itu sekaligus  dalam rangka Gerakan Menanam Sejuta Pohon menuju Sumedang Kota Buludru,  yang diinisiasi Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy, serta Karya Bakti Hari Juang TNI AD Tahun 2019 yang bertemakan "TNI AD Adalah Kita".

Erwan  berharap, kegiatan tersebut akan menciptakan sebuah komitmen dan kesadaran bersama bahwa alam atau lingkungan benar- benar menjadi kebutuhan hidup manusia.

Konsekuensi bagi manusia adalah untuk selalu menjaga, merawat dan melestarikannya. "Sehingga penanaman sejuta pohon in, manfaatnya dapat dirasakan anak cucu kita. Disamping tentunya, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Herman Suryatman meminta agar pada bulan Desember 2019 dan Januari 2020,  semua sekolah untuk partisipasi menggiatkan penghijauan.

Dalam pelaksanaannya, mereka dimohon berkoordinasi dengan para kepala desa yang ada di wilayah Waduk Jatigede.

Sedangkan untuk penanamannya, akan dimulai di ring satu seputaran Jatigede, ring dua di tengah, dan ring tiga di belakang. Sehingga semua area Jatigede bisa dihijaukan. Adapun bibit pohon yang ditanam adalah jenis tanaman keras yang bisa meningkatkan konservasi.

"Mudah- mudahan dalam waktu 3- 5 tahun kawasan ini sudah menjadi kawasan hijau. Sehingga cuacanya tidak seperti sekarang,  panas," ujarnya.

 

 

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA