Bupati Garut Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara 2019

Daerah

Selasa, 19 November 2019 | 14:56 WIB

191119145711-bupat.jpg

Agus Somantri


MENTERI Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten/Kota Sehat, di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Penghargaan diberikan kepada 6 gubernur, 177 bupati dan wali kota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Kabupaten Garut merupakan salah satu dari 177 kabupaten/kota yang meraih pestasi itu. Kali ini, Kabupaten Garut meraih penghargaan Swasti Saba Wistara ke-1 dari Kementrian Dalam Negeri RI.

Usai menerima penghargaan, Bupati Garut Rudy Gunawan, menyatakan, penghargaan merupakan hasil kerjasama seluruh elemen yang ada di Kabupaten Garut. Menurutnya, penilaian untuk mendapatkan prestasi sebaik ini sangat panjang dan harus memenuhi beberapa persyaratan.

Rudy menyebutkan, proses keikutsertaan Kabupaten Sehat Nasional 2019 sudah dimulai sejak pada tahun 2015 dan Wiwerdha tahun 2017 dengan verifikasi di 11 titik penilaian. Sedangkan 15 titik pantau penilaian dilaksanakan pada tahun 2019.

"Setelen melalui proses dengan dinyatakan lolos verifikasi bedah dokumen, melalui verifikasi lapangan pada bulan Agustus, Kabupaten Garut lolos 10 besar dari 27 Kab/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat," terang Rudy didampingi Ketua Forum Garut Sehat, Hj. Herlina, dan Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Garut, Yayan Gunawan.

Secara khusus, Rudy juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Garut yang telah bersama–sama membantu menyukseskan dan menjadikan Kabupaten Garut sehat sehingga Pemkab Garut mendapat apresiasi dan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat dibidang kesehatan.

"Tentunya ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat Garut yang turut bersama–sama membangun menuju Kabupaten Garut yang berprestasi dan maju," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Forum Garut Sehat, Zaky Resmana Saleh sangat bersyukur atas torehan prestasi tertinggi di bidang penilaian kabupaten/kota sehat se-Indonesia untuk yang ketiga kalinya. Menurutnya, prestasi itu dicapai berkat kerjasama semua pihak, mulai dari Tim Pembina Kabupaten Sehat, Forum Kab. Garut Sehat, SKPD, para camat di titik pantau dan Forum Kecamatan serta pengelola tatanan sehat.

Zaky menuturkan, dalam rapat internal pengurus Forum Garut Sehat sebelumnya telah disepakati untuk mempertahankan Swasti Saba Wistara setelah mendapatkan Anugrah Wistara.

"Maka diusulkan penambahan satu tatanan yaitu kawasan kehidupan sosial yang sehat untuk kategori wistara 6 tatanan, karena wistara merupakan penghargaan tertinggi untuk indikator kabupaten sehat," katanya.

Saat penyerahan, Menkes Terawan Agus Putranto berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA