Dihari Kesehatan Nasional Kabupaten Tasikmalaya Raih Tiga Penghargaan

Daerah

Senin, 18 November 2019 | 20:31 WIB

191118203223-dihar.jpg

Septian Danardi


RIBUAN warga tumpah dalam rangka rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-55 tingkat Kabupaten Tasikmalaya gelar jalan sehat sekaligus pemberian santunan di lapangan Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (18/11/2019).

Ketua panitia penyelenggara dr Faisal mengatakan, dalam menyambut hari kesehatan ini selain menggelar jalan sehat dalam mengajak warga untuk tetap bugar. Pihaknya juga menggelar pengobatan masal dan bakti sosial penyaluran bantuan kepada warga.

"Intinya terima kasih kepada rekan-rekan yang telah mengikuti rangkaian kegiatan dari awal sampai ahir dalam kegiatan hari Kesehatan Nasioanl Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019," katanya.

Dikatakannya, Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan penghargaan 3 sekaligus untuk tahun 2019 yaitu Kabupaten Tasikmalaya paling bersih, Kabupaten Tasikmalaya sehat dan Kabupaten Tasikmalaya bebas malaria.

"Ini suatu perolehan dan kebanggaan bagi Kabupaten Tasikmalaya yang in sha alloh nanti Pak Bupati yang akan menerima hadiah oleh menteri kesehatan di Jakarta," katanya.

Sementara Bansos diberikan kepada 1000 orang, Pengobatan masal dilaksanakan terhadap 200 orang dan pembagian kartu KIS secara simbolis 5000 orang oleh Bupati Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, pihaknya sangat terharu dengan apa yang diraih oleh Kabupaten Tasikmalaya pada tahun 2019 inindi bidang kesehatan.

"Saya terharu sekali tadi dari dr Faisal yang menyatakan bahwa Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan 3 predikat baik. Untuk Kabupaten Tasikmalaya ini suatu kebanggaan bagi saya dan masarakat Kabupaten Tasikmalaya," ungkapnya.

Menurutnya, Ada warga Kabupaten Tasikmalaya yang belum kebagian kartu sehat sekitar kurang lebih lima ribu warga.

"Untuk yang belum kebagian kartu sehat yang penting sehat walafiat mudah-mudahan Kabupaten Tasikmalaya sehat semuanya. Untuk warga Kabupaten Tasimalaya yang sakit akan diberikan kemudahan untuk bisa berobat dengan memijit program Tasik Gesit 119 nanti ada pihak medis datang ke rumah untuk memeriksa ibu/bapa gratis in syaa alloh akhir tahun ini,"katanya.

Selain itu, kata Ade, program lainnya guna menunjang kesehatan warga akan ada mantri keliling ke desa-desa dengan program ngalayad ngarawat.

Ditambahkan Ade, pihaknya akan terus melakukan terobosan dalam mensejahterakan warga. "Dengan program ngalayad ke desa-desa. Siapa tahu nanti ada keluarga yang membutuhkan bantuan dana. di desa supaya di selesaikan oleh Bank Jabar. Nanti kepala desa akan diberikan pelatihan oleh pemerintah daerah dan di Kabupaten Tasikmalaya jangan ada lagi rentenir.

"Dan saya juga berkeinginan mempunyai data di desa mengenai jumlah yatim piatu, pendataan jumlah masyarakat miskin," katanya.

Sementara dalam gelaran jalan sehat Bupati juga melakukan pembagian hadiah utama Sepada Gunung yang dimenangkan oleh Aprajil (11) warga Kampung Sindang lengo RT 13 RW 06, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Imam Wicaksana, Kapolres Tasikmalaya diwakili Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky Aries Stya, Kajari Kabupaten Tasikmalaya Sri Tatmala Wahanani, Plh Dinkes Kabupaten Tasikmalaya dr Faisal, Pasi Ter Dim 0612 Tasikmalaya Kapten Inf Agus, Danramil 1222/Salawu Kapten Cba Lulus Rahayu, Dokter Kesban Tasikmalaya dr Jajang, Dokter Brigif Raider 13/Galuh Kostrad dr Kiki, Para UPT dan Para Yankes Se Kabupaten Tasikmalaya serta ribuan warga juga pelajar.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA