Satu Juta Pohon Ditanam Diareal Waduk Jatigede

Daerah

Senin, 18 November 2019 | 19:50 WIB

191118194711-satu-.jpg

Ade Hadeli


SEBANYAK satu juta pohon beragam jenis ditanam untuk menghijaukan Kawasan Waduk Jatigede, tepatnya di wilayah Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Senin (18/11/2019).

Kegiatan yang melibatkan Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, Sekda Sumedang H.Herman Suryatman para pimpinan SKPD dan masyarakat itu, diinisiasi Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai Hutan dan Lingkungan (BPDASHL) Cimanuk Citanduy.

Kegiatan itu sendiri bagian dari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Launching Bibit Produktif.

Beberapa jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut, meliputi bibit rambutan, glodogan tiang, damar, kencana, merbau, nyamplung gunung, pucuk merah, jambu air madu dan nangka.

"Kegiatan penanaman sejuta pohon ini diharapkan, tidak sekedar program semata. Akan tetapi harus muncul dari hati nurani, demi kemanfaatan anak cucu kita dimasa datang," kata Dony.

Ada pun tujuan dari penanaman satu juta pohon itu, untuk menghijaukan kawasan Waduk Jatigede, serta sebagai upaya untuk mencegah bencana banjir dan longsor serta konservasi keanekaragaman hayati yang ada.

"Lebih dari itu, kegiatan yang kita lakukan, guna mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi dan ketersediaan air bersih, yang berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehubungan dengan itu, saya minta agar masyarakat untuk ikut memelihara bibit pohob yang kita tanam hari ini, supaya bisa tumbuh dengan baik," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA