Helmi Datangi Daerah yang Kasus Stuntingnya Tinggi

Daerah

Minggu, 17 November 2019 | 17:19 WIB

191117172006-helmi.jpg

Robi Taufik Akbar


GUNA menekan angka stunting di Kabupaten Garut, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman terus melakukan saba desa di setiap daerah. Salah satunya dengan mendatangi daerah yang masih tinggi angka stunting, yakni di Desa Garonggong, Kecamatan Cibalong yang berada di wilayah Garut Selatan, Minggu (17/11/2019).

Helmi mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para tokoh masyarakat, yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat yang ada di desa Garonggong. Sebab isu kesehatan masih menjadi PR besar bagi Pemerintah Kabupaten Garut.

"Kesehatan masih menjadi PR besar bagi pemerintah, terutama dalam menurunkan angka stunting termasuk dalam memberikan pelayanan kesehatan," ucapnya.

Helmi menuturkan, kunjungan kali ini dirinya sengaja membawa sayur mayur diantaranya tomat dan kentang untuk dibagikan ke masyarakat secara cuma-cuma. Tiada lain agar masyarakat Kabupaten Garut sehat dengan rutin mengkonsumsi sayuran ini juga sebagai salah satu strategi atau upaya menekan angka stunting di kabupaten garut.

"Mengkonsumi sayuran sangat baik, terutama bagi anak-anak yang masih kecil. Ikan, daging bisa membantu menurunkan angka stunting," katanya.

Dia menjelaskan, penyebab stunting di Kabupaten Garut tidak hanya berasal dari gizi ibu hamil, yang mana salah satunya kurang asupan makanan bergizi atau kurangnya konsumsi sayur mayur. Akan tetapi lingkungan yang tidak bersih juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan stunting.

"Stunting atau kondisi gagal tumbuh berpengaruh terhadap pertumbuhan otak balita membuatnya tidak ada daya saing saat dewasa balita perempuan yang mengalami stunting ketika dewasa menjadi ibu yang berpotensi melahirkan bayi dengan gizi buruk pula," ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA