Memasuki Era 4.0 TTG LIPI Harus Putar Otak

Daerah

Rabu, 13 November 2019 | 12:57 WIB

191113125803-memas.jpg

Dally Kardilan

Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr.Mego Pinandito, M.Eng didampingi Kapus TTG-LIPI saat memperlihatkan roaster kopi hasil timnya.


REVOLUSI industri yang kini menjadi fenomena sosial di setiap sektor dalam kehidupan, akibat dampak dari berkembangnya teknologi di era 4.0 menjadi tantangan bagi LIPI dan Indonesia pada umumnya.

“Kita harus putar otak dengan mempersiapkan SDM unggul menyongsong era 4.0 melalui inovasi dan teknologi yang terus dikembangkan sehingga Indonesia memiliki daya saing dengan bangsa lain di era ini,“ kata Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr.Mego Pinandito, M.Eng pada Open House P2TTG LIPI di Jalan KS Tubun, Subang, Rabu (13/11/2019).

Keberadaan P2TTG LIPI yang berperan aktif dalam mempersiapkan kompetensi SDM tentu sangat diharapkan kesiapannya, apalagi berhubungan langsung dalam pembinaan UKM, salah satunya melalui diseminasi teknologi.

“Apa yang diselenggarakan sekarang ini adalah langkah untuk menggapai tantangan ke depan, sehingga muncul inovasi baru dan lebih ditingkatkan kerjasama dengan instansi dan mitra kerjasama di manapun berada," tambahnya.

Bupati Subang, H.Ruhimat melalui Asda II, Dr.Komir Bastaman menyatakan kegembiraannya dengan adanya P2TTG LIPI di Subang dan telah dimanfaatkan berbagai hasil riset maupun produknya oleh daerah luar Subang. 
“Kita akui kalau Subang yang sedang berkembang di era industri pun akan meningkatkan kerjasmanya, “kata Komir.

Kepala Pusat TTG-LIPI, Dr. Pramono Nugroho, M.Eng.Sc mengakui kalau kegiatan selama 2 hari mengusung tema, Peran dan Tantangan TTG di Era 4.0, merupakan langkah kesiapan kea rah revolusi industri yang terus berlangsung perkembangannya. Salah satunya bagaimana strategi teknologi di era digital dan pemasaran produk UKM.

Kegiatan selama dua hari ini diharapkan lebih berhikmah dan bermakna karena diisi oleh Dr.Syaifullah, Direktur Ajses Non Perbankan dari Kemenpar Ekonomi Kreatif, Ana Harlina,MM sebagai Kasub.Pengelola Kawasan Sains dan Teknologi Pusat Pemanfaatan Inovasi dan Iptek LIPI serta pelaku usaha Owner River Nanas Madu, Tika Yulistiana Sari serta Praktisi Digital Marketing, Kuncoro ikut berbicara.

Selain itu juga dipamerkan berbagai produk UKM binaan P2TTG-LIPI, berikut hasil riset baik dalam bidang olahan pangan dan juga peralatan. “Ini yang sedang kita kembangkan terus dan sedang tren terkait pengolahan kopi sehingga nantinya bisa bersaing dengan produk luar,“ kata Pramono.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA