Ribuan Peserta Bakal Meriahkan Hari Aksara Internasional di Garut

Daerah

Rabu, 13 November 2019 | 05:26 WIB

191113052807-ribua.jpg


PULUHAN ribu peserta dari berbagai kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat akan hadir untuk memeriahkan peringatan Hari Aksara ke-54 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, selama tiga hari, 13-15 November ini.

"Diperkirakan bakal ada sepuluh ribuan lebih peserta mengikuti kegiatan ini di Garut," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut juga panitia Hari Aksara Internasional, Totong kepada wartawan di Garut, Selasa (12/11/2019).

Ia menuturkan, kegiatan bertemakan Ragam Budaya Lokal dan Literasi itu diikuti perwakilan pemerintahan dari 27 kota/kabupaten di Jabar dengan menampilkan beragam kesenian dan kebudayaan.

"Program pendidikan keaksaraan ini memanfaatkan peluang dari keberagaman aksara, bahasa, budaya," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut upaya mengentaskan buta aksara di Indonesia, salah satunya di Garut yang selama ini berkomitmen untuk menyelesaikan masalah buta aksara.

Pelaksanaan kegiatan Hari Aksara Internasional dipusatkan di sekitar Alun-alun dan Pendopo Garut dengan berbagai acara seperti pameran produk unggulan daerah, pameran pendidikan dan kebudayaan.

"Ada pentas kesenian tradisional Jawa Barat, devile 27 kabupaten/kota, aneka perlombaan, seminar dan lokakarya (workshop), serta hiburan," katanya.

Kegiatan hiburan lainnya seperti perlombaan cerdas cermat Paket B dan C, kemudian lomba Bahasa Sunda, dan tembang kenangan.

"Kegiatan ini akan memberikan edukasi dan hiburan kepada masyarakat," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA