Kesadaran Warga Untuk Perlakukan Sampah Harus Dibangkitkan

Daerah

Selasa, 12 November 2019 | 15:46 WIB

191112153822-kesad.jpg

Ade Hadeli


KESADARAN warga Sumedang untuk memperlakukan sampah harus dibangkitkan. Mengingat prilaku warga untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan masih relative rendah.

Indikasi itu, menyusul masih sering ditemukannya tumpukan sampah yang sudah membusuk tercecer secara sembarang, seperti di tepi jalan, ujung gang bahkan di sekitar jembatan.

"Situasi itu, tentunya menjadi keprihatinan bagi kita semua. Oleh sebab itu, dipandang penting untuk membangkitkan kesadaran warga dalam memperlakukan sampah, khusunya yang dihasilkan di rumah tangganya masing-masing," demikian kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab.Sumedang Ir.Yosep Suhayat, di ruang kerjanya Selasa (12/11/2019).

Prilaku warga seperti itu, telah menjadi problem hampir disemua daerah. Padahal untuk memfasilitasi warga untuk membuang sampah, pemerintah sudah membangun atau menyediakan tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) maupun kontainer.

Fasilitas yang lokasinya didekatkan dengan permukiman itu, bertujuan untuk mempercepat pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA). "Tapi sekarang masih banyak warga khususnya yang bermukim di wilayah perkotaan, enggan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Alhasil, ceceran sampah masih sering jumpai disembarang tempat," tambahnya.

Tentunya keadaan tersebut, kata dia, selain mengganggu kenyamanan, juga bisa mengganggu kesehatan. Terlebih dari ceceran sampah yang membusuk itu mengeluarkan bau tak sedap dan dikerumuni lalat.

Sehubungan dengan itu, pihak terus berusaha mengoptimalkan potensi yang ada, untuk segera mengangkut sampah yang dibuang disembarang tempat.

Sebut Yosep, sesuai petunjuk pimpinan (Bupati Sumedang), salah satu upaya pemerintah untuk membangkitkan kesadaran warga dalam memperlakukan sampah dengan bijak, di antaranya dengan menggulirkan program kawasan desa bersih.

"Program ini salah satunya yang tengah kami genjot. Dengan harapan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dari sampah bisa terwujud," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA